logo Kompas.id
InternasionalEkonomi Jepang Tetap Tumbuh meski Rentan

Ekonomi Jepang Tetap Tumbuh meski Rentan

Produk domestrik bruto Jepang tumbuh 1,9 persen secara tahunan pada triwulan II-2021. Capaian itu mengalahkan perkiraan median para ekonom, yakni tercatat tumbuh positif 1,6 persen.

Oleh BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
AP/Kyodo News/Ryosuke Uematsu

Warga berkumpul menyaksikan latihan Angkatan Udara Bela Diri Jepang menjelang Paralimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Tokyo, Jepang, Minggu (22/8/2021). Untuk menghindari risiko penyebaran Covid-19, panitia penyelenggara tidak membolehkan penonton hadir.

TOKYO, RABU — Ekonomi Jepang tumbuh lebih tinggi dari perkiraan semula pada periode April-Juni dengan dorongan belanja modal yang solid. Namun, langkah lanjut pertumbuhan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia itu masih rentan akibat lambannya vaksinasi Covid-19 dan pembatasan sosial menghambat aktivitas sektor swasta.

Data produk domestik bruto (PDB) yang direvisi oleh Pemerintah Jepang dan dirilis pada Rabu (8/9/2021) menunjukkan ekonomi negara itu tumbuh 1,9 persen secara tahunan pada triwulan II-2021. Capaian itu mengalahkan perkiraan median para ekonom, yakni tumbuh positif 1,6 persen, dan perkiraan awal mengalami ekspansi sebesar 1,3 persen. Revisi ke atas disebabkan pengeluaran bisnis yang lebih baik dari perkiraan semula.

Editor: Fransisca Romana
Bagikan
Memuat data..