logo Kompas.id
InternasionalHarapan dari Negeri 1.001 Malam

Harapan dari Negeri 1.001 Malam

Sejumlah pemimpin dan menteri luar negeri negara Timur Tengah berkumpul di Baghdad, Irak. Ada harapan, momen itu langkah awal meredakan ketegangan kawasan.

Oleh REDAKSI
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP PHOTO / HO / IRAQI PRIME MINISTER'S PRESS OFFICE

Pemandangan suasana Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Baghdad untuk Kerja Sama dan Kemitraan Regional di Baghdad, Irak, Sabtu (28/8/2021).

Pertemuan bertajuk Konferensi Baghdad untuk Kerja Sama dan Kemitraan itu berlangsung pada Sabtu (28/8/2021). Ada enam pemimpin Arab (tiga kepala negara dan tiga kepala pemerintahan) dari Mesir, Jordania, Qatar, Kuwait, Uni Emirat Arab (UEA), dan tuan rumah Irak plus Presiden Perancis Emmanuel Macron yang hadir. Arab Saudi, Iran, dan Turki juga ambil bagian dengan mengirim menteri luar negeri.

Dari keterwakilan negara, konferensi itu cukup lengkap mewakili pihak-pihak yang bersaing dan berebut pengaruh di kawasan Timur Tengah. Arab Saudi dan Iran terlibat perang proksi di Yaman, serta perebutan pengaruh di Lebanon. Turki dan Iran berada di posisi dengan kepentingan berbeda, meski tak saling berhadapan langsung, dalam konflik Suriah.

Editor: samsulhadi, adiprinantyo
Bagikan
Memuat data..