logo Kompas.id
InternasionalDunia Skeptis pada Janji Taliban untuk Perempuan

Dunia Skeptis pada Janji Taliban untuk Perempuan

Sejumlah pihak meragukan komitmen Taliban pada perlindungan perempuan. Rekam jejak Taliban saat berkuasa di Afghanistan, tahun 1995 hingga 2001, menorehkan catatan yang buruk.

Oleh Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/RAHMAT GUL, FILE

Foto yang diambil pada Jumat (13/8/2021) di Takhar ini memperlihatkan guru (mengenakan burkak) di sebuah kelas darurat di tempat pengungsian lokal.

Kabul telah jatuh ke tangan Taliban. Kini, kelompok yang dikenal berhaluan keras itu menguasai Afghanistan.Di tengah hiruk-pikuk berita tentang Bandara Kabul yang dipenuhi warga Afghanistan yang ingin meninggalkan negara itu, Taliban menyerukan bahwa akan memimpin dengan damai, termasuk jaminan pemenuhan hak-hak perempuan.

Sejumlah pengamat politik internasional menanggapi pernyataan Taliban itu dengan skeptis. Salah satu poin yang menjadi pertanyaan adalah di Kabul mungkin Taliban bisa menunjukkan sikap yang cenderung moderat karena, sebagai ibu kota Afghanistan, ada banyak wartawan media asing serta kantor perwakilan internasional yang menjadi pengawas. Akan tetapi, standar yang sama diragukan bisa diterapkan di kota-kota lain, apalagi pelosok.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..