logo Kompas.id
InternasionalTaiwan Selidiki Dugaan Penyusupan Mata-mata China di Militernya

Taiwan Selidiki Dugaan Penyusupan Mata-mata China di Militernya

Kasus penyelidikan ini adalah kasus dugaan mata-mata oleh pejabat level tertinggi di Taiwan di tengah upaya Beijing meningkatkan tekanan atas wilayah itu.

Oleh
Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/SAM YEH

Tentara Taiwan berfoto di atas tank M60-A3 buatan Amerika Serikat seusai latihan militer di Taicung, Taiwan, Kamis (17/1/2019). Taiwan sedang menyelidiki kasus dugaan aktivitas mata-mata oleh beberapa pejabat militernya untuk China.

TAIPEI, KAMIS — Otoritas di Taiwan tengah menyelidiki dugaan keterlibatan sejumlah pejabat militernya, baik yang masih aktif maupun purnawirawan, dalam aktivitas mata-mata untuk China. Pemerintah Taiwan dan Pemerintah China belum memberikan tanggapan atas skandal tersebut meski media lokal terus membahas isu ini.

Berita mengenai dugaan aktivitas mata-mata tersebut pertama kali terbit di media Taiwan, Mirror Media, Rabu (28/7/2021). Orang-orang yang terseret kasus itu, antara lain, mantan Wakil Menteri Pertahanan Jenderal Chang Che-ping yang kini menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan Nasional. Selain itu, juga disebut nama istri Chang, Xie Hanqiu, serta dua purnawirawan Angkatan Udara, Mayor Jenderal Qian Yaodong dan Letnan Kolonel Wei Xianyi.

Editor:
samsulhadi
Bagikan