logo Kompas.id
InternasionalBecermin dari Pola Pikir Bangsa Vietnam

Becermin dari Pola Pikir Bangsa Vietnam

Perkembangan Vietnam selama 30 tahun terakhir sangat luar biasa. Bangsa Vietnam mencoba mencari model pembangunan ekonomi yang baik. Mereka merasa tidak kaya, tetapi belajar dengan semangat tinggi.

Oleh BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/NHAC NGUYEN

Seorang pedagang kaki lima bermasker berjalan menyusuri sebuah ruas jalan di kota Hanoi, Vietnam, pada 31 Mei 2021. Di tengah tekanan akibat pandemi Covid-19, Vietnam mampu menunjukkan ketahanan ekonominya.

Vietnam terus berupaya menunjukkan tekadnya menjadi negara dengan perekonomian modern, kompetitif, dan terbuka. Jika mampu mempertahankan kecepatan pertumbuhannya, Vietnam berpotensi menjadi negara dengan tingkat pertumbuhan PDB tertinggi di Asia Tenggara, beberapa waktu mendatang.

Di tengah tantangan menghadapi pandemi Covid-19, pasar dan rantai pasokan yang terdiversifikasi Vietnam dinilai menjadi kunci dalam konteks global masa depan. Pengelolaan risiko gangguan dalam perdagangan dan rantai pasokan negara itu diperkuat. Semua langkah tersebut diambil Vietnam   di tengah dinamika perubahan hubungan perdagangan, perubahan iklim, bencana alam, dan wabah penyakit.

Editor: Muhammad Samsul Hadi
Bagikan
Memuat data..