logo Kompas.id
InternasionalTrio Buron Pemerintah Amerika ...

Trio Buron Pemerintah Amerika Serikat

Pemerintah Amerika Serikat punya sedikitnya tiga buron yang kejahatannya tidak berkaitan dengan kekerasan atau terorisme. Namun ulahnya menjadi kontra narasi terhadap arus utama yang dibangun rezim. Siapa saja mereka?

Oleh
LAS
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/zu0qDJCvg1lJABVpc93kBD7WP-E=/1024x655/https://kompas.id/wp-content/uploads/2018/02/kompas_tark_2951190_124_0.jpeg
PHOTO BY THE GUARDIAN VIA GETTY IMAGES

Dalam foto yang disediakan The Guardian ini, Edward Snowden berbicara dalam wawancara di Hong Kong, 2013. Snowden mengungkapkan ke wartawan tentang program pengawasan warga negara Amerika Serikat (AS) secara rahasia oleh Badan Keamanan Nasional AS. Akibat tindakan itu, Snowden menjadi buron pemerintah AS. (Photo by The Guardian via Getty Images)

Edward Snowden, Julian Assange, dan John McAfee, adalah buron pemerintah Amerika Serikat. Dakwaannya berbeda. Satu aspek yang sama, ketiganya adalah kontra narasi terhadap arus utama yang diembuskan rezim negara adidaya itu.

Kematian John McAfee dalam sel penjara di Barcelona, Spanyol, 23 Juni 2021, memantik kembali pembicaraan seputar kisah tiga buron pemerintah Amerika Serikat (AS) tersebut. Berbagai media di AS dan Barat kembali membuka ulang ”kasus” tiga sosok kontroversial itu. Dan masyarakat kembali menengok dokumentasi unggahan ulasan dan wawancara tentang mereka di berbagai media sosial.

Editor:
laksanaas
Bagikan