logo Kompas.id
InternasionalMeluaskan Aliansi Atlantik ke ...

Meluaskan Aliansi Atlantik ke Pasifik

NATO dibentuk untuk menghadapi Uni Soviet. Setelah Uni Soviet bubar, seharusnya NATO ikut bubar. Namun, aliansi ini justru berupaya memperluas pengaruh ke negara lain, terutama Asia Pasifik.

Oleh
kris mada
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/MvMWAuz3I3sQ5JcCaBwN9rHxeq4=/1024x683/https://kompas.id/wp-content/uploads/2021/06/BELGIUM-NATO-US-SUMMIT_96910696_1623738465.jpg
BRENDAN SMIALOWSKI / AFP

Presiden Amerika Serikat di tengah Konferensi Tingkat Tinggi NATO di Brussels, Belgia, pada 14 Juni 2021. Di KTT itu, NATO menegaskan China sebagai ancaman bagi mereka.

Setelah 1,5 tahun membahas secara intensif, Pakta Pertahanan Atlantik Utara akhirnya secara terbuka mengidentifikasi China sebagai tantangan bagi aliansi itu. Pernyataan itu memicu kekhawatiran pakta pertahanan yang dibentuk untuk menghadang Uni Soviet tersebut akan memperluas jangkauannya ke Asia-Pasifik.

NATO menyebut Beijing menghadirkan tantangan sistematis bagi aliansi itu. Tantangan itu dihadirkan lewat perluasan pengaruh China di sejumlah negara, termasuk di sebagian anggota Uni Eropa. China juga berbahaya karena memodernisasi militer dan meningkatkan kemampuan senjata nuklir.

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan