logo Kompas.id
InternasionalOPEC Batal Kumpul, Harga...

OPEC Batal Kumpul, Harga Minyak Berisiko Melambung

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara-negara eskportir lain di luar OPEC batal bertemu pada Senin (5/7/2021). Belum adanya titik temu kuota produksi minyak berisiko melambungkan harga minyak.

Oleh
Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/vMMayPYroWkNKHimRnqTF88yRdE=/1024x727/https://kompas.id/wp-content/uploads/2021/07/Saudi-Emirates-OPEC_97416858_1625566721.jpg
(AP PHOTO/RONALD ZAK, FILE)

Foto yang diambil pada 6 Maret 2020 ini menunjukkan Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman Al-Saud tiba untuk pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara-negara eksportir minyak lain di luar OPEC di Kantor Pusat OPCE di Vienna, Austria.

RIYADH, SELASA — Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak atau OPEC bersama 13 negara eksportir minyak lainnya batal mengadakan pertemuan pada Senin (5/7/2021). Ini terjadi menyusul aspirasi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab soal kuota produksi yang tidak menemukan titik temu. Nihilnya kesepakatan tersebut berisiko melambungkan harga minyak dan memicu inflasi.

Pembatalan rapat diumumkan secara mendadak. Padahal, sejumlah pihak sudah menunggu-nunggu hasil kesepakatan rapat guna melihat distribusi kuota produksi minyak mentah yang kemudian diproyeksikan ke perkiraan harga. Hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam pemulihan ekonomi.  ”Sejauh ini belum ada jadwal penggantian pertemuan. Nanti akan direncanakan ulang,” kata Sekretaris Jenderal OPEC Mohammed Barkindo.

Editor:
laksanaas
Bagikan