logo Kompas.id
InternasionalJenderal Senior Junta Cari Dukungan ke Rusia

Jenderal Senior Junta Cari Dukungan ke Rusia

Pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, berada di Moskwa untuk ikut konferensi keamanan internasional yang diadakan Kementerian Pertahanan. Rusia adalalah pemasok utama senjata militer Myanmar.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...

Parade kendaraan militer Myanmar (Tatmadaw) saat Hari Angkatan Bersenjata di Naypidaw, Myanmar, 27 Maret 2021, yang juga dihadiri oleh Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexander Formin. (AP Photo)(AP Photo)

MOSKWA, SENIN — Pemimpin junta Myanmar Jenderal Senior, Min Aung Hlaing, tiba di ibu kota Rusia, Moskwa, Minggu (20/6),  untuk menghadiri konferensi keamanan internasional yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan Rusia selama 22-24 Juni. Perjalanan ke luar negeri Aung Hlaing ini dilakukan tidak lama setelah Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan resolusi yang isinya mengecam kudeta pemimpin sipil oleh militer serta menyerukan negara-negara anggota untuk menghentikan pasokan senjata ke Myanmar.

Stasiun televisi MRTV yang terafiliasi dengan junta menyebutkan, Jenderal Hlaing datang ke Moskwa atas undangan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu. Kedutaan Myanmar di Rusia, dikutip dari kantor berita Rusia, RIA Novosti, mengonfirmasi bahwa Aung Hlaing telah tiba di Moskwa. Namun, tidak ada penjelasan tentang berapa lama dia akan berada di Rusia, sekutu sekaligus pemasok senjata utama bagi militer Myanmar.

Editor: Laksana Agung Saputra
Bagikan
Memuat data..