logo Kompas.id
InternasionalImplikasi Kejutan The Fed Jadi Perhatian Investor Global

Implikasi Kejutan The Fed Jadi Perhatian Investor Global

Pasar keuangan global menunggu sejumlah data ekonomi mutakhir menyusul bank sentral Amerika Serikat pekan lalu yang mengirimkan sinyal akan menaikkan suku bunga acuan lebih awal dan lebih cepat dari perkiraan.

Oleh BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/AHN YOUNG-JOON

Seorang pialang pasar keuangan mengangkat tangannya di tengah aktivitasnya mengawasi pasar keuangan di kantor pusat Bank KEB Hana di Seoul, Korea Selatan, 11 Maret 2021. Arah kebijakan terbaru The Federal Reserve di Amerika Serikat diantisipasi pelaku pasar dengan sebagian melepas aset-aset mereka, Senin (21/6/2021).

TOKYO, SENIN — Bursa saham di kawasan Asia dan Australia turun pada awal perdagangan Senin (21/6/2021). Investor mempertimbangkan implikasi dari pergeseran kebijakan yang mengejutkan pekan lalu oleh bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve atau The Fed. Sejumlah data ekonomi terbaru pekan ini akan menjadi perhatian investor.

Indeks Nikkei Jepang memimpin penurunan dengan anjlok sebesar 3,3 persen awal pekan ini. Indeks Nikkei turun di bawah level 28.000 untuk pertama kalinya dalam sebulan. Adapun indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 1 persen pada awal perdagangan.

Editor: Laksana Agung Saputra
Bagikan
Memuat data..