logo Kompas.id
InternasionalIndustri Militer Turki Maju Pesat, Jadi Incaran Jaringan Mata-mata Asing

Industri Militer Turki Maju Pesat, Jadi Incaran Jaringan Mata-mata Asing

Industri militer Turki mengalami kemajuan pesat dalam melakukan inovasi. Ini menyebabkan Turki menjadi target jaringan mata-mata pesaing asing.

Oleh
MUSTHAFA ABD RAHMAN, DARI KAIRO, MESIR
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/BIROL BEBEK

Foto 16 Desember 2019 ini memperlihatkan pesawat nirawak (drone) buatan Turki, Bayraktar TB2, di pangkalan udara militer di Gecitkale, dekat Famagusta, wilayah Siprus utara yang diproklamasikan oleh Turki.

KAIRO, KOMPAS — Kemajuan industri militer Turki dewasa ini mendorong para pesaing di sektor industri militer negara lain melakukan aksi mata-mata untuk mengetahui rahasia industri militer Turki tersebut. Sebuah jaringan mata-mata mulai berhasil menembusnya.

Stasiun televisi Al Jazeera yang berbasis di Doha, Qatar, Kamis (14/1/2021), melaporkan, aksi operasi gabungan antara dinas intelijen dan aparat keamanan Turki, Selasa (12/1/2021), di Ankara, berhasil membekuk jaringan beranggotakan enam orang yang memata-matai aktivitas industri militer Turki. Di antara enam oknum tersebut terdapat seorang direktur pada salah satu pabrikan di industri militer Turki.

Editor:
Pascal Bin Saju, samsulhadi
Bagikan