logo Kompas.id
InternasionalChina Bangun Relasi dengan...

China Bangun Relasi dengan Jepang

Menteri Luar Negeri China Wang Yi menggelar lawatan dua hari ke Tokyo, Jepang. Selain membahas isu kerja sama ekonomi, ia akan membahas isu stabilitas dan keamanan kawasan.

Oleh
B Josie Susilo Hardianto
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/N663o4R-SVOL3TcGdMqorcL2SI0=/1024x725/https://kompas.id/wp-content/uploads/2020/11/Japan-China_93188250_1606263444.jpg
ISSEI KATO/POOL PHOTO VIA AP

Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan salam dengan cara menyentuh siku mitranya, Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu, saat berfoto menjelang pembicaraan bilateral mereka di Tokyo, Selasa (24/11/2020).

TOKYO, SELASA — Ketika dinamika geopolitik di kawasan ”kurang berpihak” pada Beijing, Menteri Luar Negeri China Wang Yi, Selasa (24/11/2020), berkunjung ke Tokyo, Jepang. Ia bertemu dengan mitranya, Menlu Jepang Toshimitsu Motegi, pada Selasa dan dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Rabu ini.

Dalam kunjungan kali ini, Wang disebutkan ingin membahas kerja sama ekonomi dan isu kekhawatiran regional atas meningkatnya pengaruh China. Terkait isu kekhawatiran itu, sejumlah analis berpendapat, Wang ingin memahami lebih jauh bagaimana Jepang di era Suga sekaligus bagaimana membangun relasi lebih dekat dengan Tokyo.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan