logo Kompas.id
InternasionalAS Gandeng Tiga Negara Pasifik...

AS Gandeng Tiga Negara Pasifik Gelar Latihan Perang

Latihan perang bersama, Malabar, digelar selama empat hari oleh empat negara di perairan Indo-Pasifik. Empat negara itu mencakup semua anggota Quad, sebuah kelompok negara demokrasi terbesar di kawasan Indo-Pasifik.

Oleh
BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/OQrZlKxceFatCYFzSoP1SVnBfWM=/1024x684/https://kompas.id/wp-content/uploads/2020/11/INDIA-DIPLOMACY-DEFENCE-NAVY-AUSTRALIA-JAPAN-US_92837389_1604445260.jpg
INDIAN NAVY / AFP

Foto yang dirilis oleh Angkatan Laut India pada Selasa (3/11/2020) memperlihatkan kapal-kapal perang yang turut ambil bagian dalam latihan militer bersama, Malabar, yang digelar di Teluk Bengal. Negara yang terlibat dalam latihan itu adalah Amerika Serikat, India, Jepang, dan Australia.

NEW DELHI, SELASA — Amerika Serikat, bersama India, Jepang, dan Australia memulai latihan angkatan laut bersama terbesar mereka dalam lebih dari satu dekade pada Selasa (3/11/2020). Latihan Malabar kali ini dinilai sebagai langkah bersama sejumlah negara Pasifik mengimbangi kekuatan militer dan ekonomi China.

Setiap tahun latihan serupa digelar melibatkan tiga negara, yakni India, AS dan Jepang. Namun, tahun ini angkatan laut Australia ikut serta dalam kegiatan itu. Empat negara itu mencakup semua anggota Quad, sebuah kelompok informal dari empat negara demokrasi terbesar di kawasan Indo-Pasifik. China sebelumnya menuduh AS telah memimpin upaya untuk membentuk front bersama di antara sekutunya. Beijing menilai sebuah pakta layaknya Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) didorong-dorong untuk dibentuk di kawasan Asia Pasifik.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan