logo Kompas.id
InternasionalHubungan Diplomatik Memanas, Hubungan Dagang Stabil

Hubungan Diplomatik Memanas, Hubungan Dagang Stabil

Konsulat AS di Chengdu secara resmi ditutup, Senin (27/7). Meski konsulat ditutup, hubungan ekonomi dan perdagangan tak terganggu dan cenderung stabil berkat kesepakatan perdagangan yang ditandatangani Januari lalu.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca

CHENGDU, SENIN — Pemerintah China secara resmi menutup Konsulat Amerika Serikat di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Senin (27/7/2020). Semua kegiatan yang ditangani kantor konsulat ini resmi berakhir pada pukul 10 pagi waktu setempat, sesuai dengan batas waktu yang diberikan Pemerintah China kepada Pemerintah AS untuk mengosongkan kantor konsulat mereka di wilayah barat daya China itu.

Pada Senin pagi, bendera AS diturunkan dari tiang bendera yang ada di halaman kompleks eks Konsulat AS tersebut dan digantikan bendera China. Barang terakhir milik konsulat telah dikeluarkan menggunakan sebuah kontainer pada Minggu (26/7/2020) malam.

Sama seperti halnya China yang kecewa dengan keputusan Pemerintah AS menutup konsulat mereka di Houston, Texas, Departemen Luar Negeri AS menyatakan kekecewaannya atas keputusan Beijing menutup konsulat mereka di Chengdu.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..