logo Kompas.id
InternasionalKasus Panchen Lama yang Hilang, Kembali Menghantui China

Kasus Panchen Lama yang Hilang, Kembali Menghantui China

Hingga saat ini nasib dan kabar Panchen Lama ke-11 yang bernama Gedhun Choekyi Nyima tak diketahui. Pada 25 tahun lalu, saat berusia enam tahun Nyima ditangkap otoritas China.

Oleh Luki Aulia
· 1 menit baca
Memuat data...
AP / ASHWINI BHATIA, FILE

Foto yang diambil pada 25 April 2019 ini memperlihatkan foto potret Panchen Lama ke-11, Gendhun Choekyi Nyima, seorang pemimpin agama penting kedua setelah Dalai Lama dalam hierarki Buddha Tibet.

Tibet, 14 Mei 1995. Tokoh spiritual Dalai Lama yang tengah hidup dalam pengasingan menemukan reinkarnasi tokoh Budha Tibet, Panchen Lama, yang mewujud dalam diri anak laki-laki yang bernama Gedhun Choekyi Nyima. Tiga hari setelah terpilih, Nyima yang kala itu berusia 6 tahun langsung ditangkap Pemerintah China dan sampai sekarang tidak ada yang tahu nasib dan keberadaannya.

Memperingati 25 tahun hilangnya Nyima yang kini dikenal dengan Panchen Lama ke-11, Pemerintah China didesak untuk memberikan penjelasan. Parlemen Tibet, Kashag, Senin (18/5/2020), kembali mengingatkan China untuk bertanggung jawab dan memberikan penjelasan. Panchen Lama ke-11 hilang tanpa kabar beserta seluruh keluarganya.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..