logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiRisiko Infeksi Covid-19 Meningkat Dua Kali Lipat 90 Hari Setelah Vaksinasi

Risiko Infeksi Covid-19 Meningkat Dua Kali Lipat 90 Hari Setelah Vaksinasi

Risiko infeksi Covid-19 meningkat dua kali lipat setelah hari ke-90 pemberian dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech. Temuan ini menunjukkan vaksinasi memberi perlindungan yang baik di minggu-minggu awal.

Oleh
Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO

Suasana vaksinasi di Rumah Makan Gratis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (18/11/2021). Sebanyak 200 vaksin dan makan gratis diberikan kepada warga di sini.

JAKARTA, KOMPAS—Sebuah studi yang diterbitkan oleh The BMJ hari ini, Kamis (25/11) menemukan peningkatan dua kali lipat risiko infeksi Covid-19 setelah hari ke-90 pasca dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech. Temuan ini menunjukkan vaksinasi memberi perlindungan yang baik di minggu-minggu awal, namun menurun seiring waktu.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti Research Institute of Leumit Health Services di Israel, dengan penulis pertama, Ariel Israel, yang merupakan kepala pusat riset tersebut. Israel merupakan salah satu negara pertama yang meluncurkan kampanye vaksinasi Covid-19 skala besar pada Desember 2020, tetapi mengalami peningkatan kembali infeksi sejak Juni 2021.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan