logo Kompas.id
β€Ί
Ilmu Pengetahuan & Teknologiβ€ΊIndonesia Tidak Alami...
Iklan

Indonesia Tidak Alami Gelombang Panas, Jabodetabek Diperkirakan Masih Hujan

BMKG memastikan bahwa Indonesia tidak mengalami gelombang panas, seperti yang tengah terjadi di dunia. Sementara hujan yang terjadi di Jabodetabek masih akan berlangsung beberapa hari mendatang.

Oleh
PRADIPTA PANDU
Β· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/RijfJbG8RK1YfsytKmJPFNTGhAY=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F07%2F96befb7f-d02b-4af3-a1ed-1eda21a1c7c7_jpg.jpg
AFP/DON MACKINNON

Kabut asap menjadi pemandangan di sejumlah kawasan di Kanada saat gelombang panas menerjang negara berpenduduk 38 juta jiwa tersebut.

JAKARTA, KOMPAS β€” Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memastikan bahwa Indonesia tidak mengalami gelombang panas seperti yang tengah terjadi di dunia. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di wilayah ekuatorial sehingga memiliki karakteristik dinamika atmosfer yang berbeda dengan wilayah lintang menengah-tinggi.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal menjelaskan, selain berada di wilayah ekuatorial, Indonesia juga memiliki karakteristik perubahan cuaca yang cepat. Dengan perbedaan karakteristik dinamika atmosfer tersebut, fenomena gelombang panas dipastikan tidak terjadi di wilayah Indonesia.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan