logo Kompas.id
HumanioraKejar Ketinggalan Literasi dan...
Iklan

Kejar Ketinggalan Literasi dan Numerasi Melalui Kompetisi

Target meningkatkan literasi dan numerasi anak Indonesia masih jauh dari harapan, tetapi bisa dikejar dengan kompetisi.

Oleh
STEPHANUS ARANDITIO
· 3 menit baca
Anak-anak membaca buku yang dibawa motor layanan perpustakaan keliling Sudin Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) di SDN 04 Pondok Bambu, Jakarta, Rabu (26/10/2022).
KOMPAS/RIZA FATHONI

Anak-anak membaca buku yang dibawa motor layanan perpustakaan keliling Sudin Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) di SDN 04 Pondok Bambu, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

JAKARTA, KOMPAS — Kemampuan literasi dan numerasi sejak dini menjadi hal dasar yang harus diupayakan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun, target meningkatkan literasi dan numerasi anak Indonesia masih jauh dari harapan. Berbagai upaya dilakukan, seperti melalui kompetisi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Praptono mengatakan, masih banyak yang harus dikerjakan dengan tuntas oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan numerasi pelajar di Indonesia.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000