logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊIntervensi Nonbedah untuk...
Iklan

Intervensi Nonbedah untuk Penanganan Penyakit Jantung Bawaan

Dengan perkembangan teknologi kedokteran yang semakin canggih, intervensi penyakit jantung bawaan bisa dilakukan dengan teknik nonbedah. Teknik ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan teknik bedah.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
Β· 1 menit baca
Dokter spesialis jantung melakukan proses <i>primary percutaneous coronary intervention </i>(PPCI), yaitu tindakan membuka sumbatan pada pembuluh darah koroner pada pasien, di ruang kateterisasi Rumah Sakit Jantung Diagram, Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (29/8/2019).
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN (HAS)

Dokter spesialis jantung melakukan proses primary percutaneous coronary intervention (PPCI), yaitu tindakan membuka sumbatan pada pembuluh darah koroner pada pasien, di ruang kateterisasi Rumah Sakit Jantung Diagram, Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (29/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS β€” Teknik intervensi nonbedah bisa menjadi pilihan dalam tatalaksana intervensi penyakit jantung bawaan. Jika dibandingkan dengan tindakan bedah, intervensi ini dinilai lebih baik, antara lain, karena minim bekas luka, biaya yang lebih rendah, serta menurunkan risiko kematian.

Ketua Kelompok Staf Medik Kardiologi Pediatrik dan Penyakit Jantung Bawaan RS Jantung Nasional Harapan Kita Oktavia Lilyasari, di Jakarta, Kamis (22/9/2022), mengatakan, perkembangan teknologi kedokteran saat ini membuat intervensi nonbedah untuk penyakit jantung bawaan semakin canggih. Pasien pun semakin nyaman untuk memilih intervensi ini dibandingkan dengan intervensi bedah.

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan