logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊSudah Lama Hidup Sendiri,...
Iklan

Sudah Lama Hidup Sendiri, Gajah Meli di Sumsel Mendesak Direlokasi

Dalam jangka waktu 40 hari ke depan, gajah sumatera betina yang diberi nama Meli (16) akan dipindahkan. Meli sudah terlalu lama sendiri, kondisi yang bisa saja mengancam nyawanya.

Oleh
RHAMA PURNA JATI
Β· 1 menit baca
Petugas BKSDA Sumatera Selatan dan Perkumpulan Jejaring Hutan Satwa memasang GPS <i>collar</i> pada salah satu gajah sumatera liar di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (13/5/2022).
KOMPAS/RHAMA PURNA JATI

Petugas BKSDA Sumatera Selatan dan Perkumpulan Jejaring Hutan Satwa memasang GPS collar pada salah satu gajah sumatera liar di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (13/5/2022).

PALEMBANG, KOMPAS β€” Dalam jangka waktu 40 hari ke depan, gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) betina yang diberi nama Meli (16) akan dipindahkan dari Kecamatan Mekakau Ilir, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, ke Suaka Margasatwa Padang Sugihan, Kabupaten Banyuasin. Pemindahan ini tergolong mendesak karena Meli sudah lama hidup sendiri.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel Ujang Wisnu Barata, Minggu (15/5/2022), menjelaskan, pemindahan Meli mendesak karena sistem pemosisi global (GPS) yang dikalungkan padanya akan habis dalam waktu dekat. ”Baterai di kalung GPS hanya tinggal 35 persen lagi. Kalau tidak segera diganti, akan sulit mendapatkan posisi gajah Meli,” ujarnya.

Editor:
MOHAMAD FINAL DAENG
Bagikan