GIIAS Surabaya 28 Agustus-1 September 2024 perkuat posisi Jawa Timur dalam pasar otomotif nasional.
Oleh
AMBROSIUS HARTO MANUMOYOSO
·2 menit baca
SURABAYA, KOMPAS — Sebanyak 20 jenama mobil, 12 jenama sepeda motor, dan 15 jenama industri pendukung memulai Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS Surabaya, Rabu (27/8/2024), di Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur.
Bursa otomotif terbesar ini telah sembilan tahun menyapa warga Bumi Pahlawan Surabaya dan kabupaten/kota di Jatim. Selain itu, GIIAS Surabaya menjadi referensi pasar otomotif dari provinsi tetangga Jatim termasuk kawasan Indonesia timur.
Menurut Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, di tahun kesembilan, GIIAS Surabaya kian menegaskan posisi penting ”Bumi Pahlawan” Surabaya dan ”Bumi Majapahit” Jatim dalam industri otomotif nasional. Meski bukan pasar terbesar, tetapi kontribusi Jatim melebihi 10 persen sehingga berada setelah megapolitan Jabodetabek dan Jabar-Banten.
”GIIAS Surabaya menjadi referensi penting bagi pasar Jatim dan Indonesia timur,” kata Nangoi saat pembukaan pada Rabu siang. GIIAS Surabaya hampir selalu berlangsung setelah GIIAS di Jakarta-Banten yang terbesar nasional. Artinya, perkembangan termutakhir otomotif nasional akan hadir di Surabaya setelah Jakarta.
Pameran akan berlangsung sampai dengan Minggu (1/9/2024). Bursa tahun ke-9 ini lebih besar karena diikuti lebih banyak merek dan industri pendukung otomotif. Ini berkonsekuensi penambahan luas area pameran dari sebelumnya 10.000 meter per segi menjadi 13.000 meter persegi. Sebelumnya pameran ada di satu lantai menjadi dua lantai Grand City Convex.
GIIAS Surabaya menjadi referensi penting bagi pasar Jatim dan Indonesia timur.
Di sisi lain, populasi kendaraan bermotor di Surabaya mencapai 3,7 juta yang melampaui populasi 3 juta jiwa penduduk. Populasi kendaraan itu tertinggi untuk ukuran kabupaten/kota se-Indonesia. Dari sini, Surabaya dan Jatim tak boleh diabaikan dalam meningkatkan ceruk pasar kendaraan bermotor.
Presiden Direktur Honda Surabaya Center Ang Hoey Tiong mengatakan, turut membawa produk mobil listrik dan hibrida yang cukup menarik atensi di GIIAS ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, 18-28 Juli 2024. Di GIIAS Surabaya turut hadir mobil e:N1, e:HEV, dan Stepwgn. Selain itu, mobil yang sudah populer, tetapi edisi terbaru, yakni BR-V N7X, CR-V, HR-V, WR-V, dan Brio.
”Koleksi yang kami bawa memperlihatkan eksistensi 75 tahun Honda dalam otomotif dunia termasuk di Indonesia,” ujar Ang yang juga CEO National Hospital Surabaya.
GIIAS Surabaya di Grand City Convex, 28 Agustus-1 September 2024. Sudah sembilan tahun GIIAS Surabaya menyapa pasar otomotif Surabaya, Jawa Timur, yang termasuk penyumbang tinggi pasar kendaraan bermotor nasional.
Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor Rocky Irvayandi mengatakan, menghadirkan LCGC Ayla dan Sigra, varian terkini Xenia R ADS X, dan unit spesial Rocky Crossfield untuk konsumen pencinta kegiatan alam terbuka.
Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia Ricky Thio dalam pembukaan booth Mazda mengatakan, dalam pameran menghadirkan dua mobil premium, yakni CX-60 Kuro dan CX-30. Pengunjung dapat mencoba uji kemudi CX-60 Kuro, CX-5 Kuro, dan CX-3 Sport.
Head of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia Uria Simanjuntak mengatakan, memamerkan hasil produksi Tanah Air, yaitu KONA Electric dan IONIQ 5 N. Selain itu, produk yang juga sudah dikenal, yakni Palisade, Santa Fe, Stargazer, dan IONIQ 5.
Secara umum, pameran menampilkan merek mobil penumpang, yakni Audi, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, dan Wuling. Untuk jenama sepeda motor ialah Alva, Aprilia, Benelli, Keeway, Kupprum, Moto Guzzi, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, United E-motor, Vespa, dan Volta.