Ducati Multistrada V4 RS, Motor ”Touring” dengan DNA Superbike
Multistrada V4 RS menjelma menjadi motor penjelajah yang menggabungkan konsep superbike dan ”touring”.
Ducati Indonesia resmi meluncurkan produk terbarunya, Multistrada V4 RS, pada ajang BCA Expo di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (16/8/2024). Multistrada V4 RS adalah Ducati dengan performa tinggi yang dijejali dengan teknologi terkini.
Sebagai motor penjelajah, motor ini tidak hanya ideal untuk perjalanan jauh dan jalanan berliku, tetapi juga dapat menjajal lintasan sirkuit. Generasi terbaru Multistrada ini menjelma menjadi motor penjelajah dengan model yang semakin sporty, canggih, dan eksklusif yang menggabungkan konsep superbike dan touring.
Multistrada V4 RS merupakan pilihan yang tepat bagi para pemotor yang berjiwa petualang dan menginginkan kendaraan serbaguna untuk aktivitas harian ataupun rekreasi. Ditenagai dengan mesin Desmosedici Stradale turunan Panigale V4, Multistrada V4 RS adalah epitome ketika Superbike bertemu dengan Touring.
”Motor multipurpose ini memungkinkan pengendara untuk menikmati pengalaman berkendara yang maksimal di sirkuit serta dirancang untuk menghadapi tantangan medan yang tidak rata, memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara,” ujar CEO Ducati Indonesia Jimmy Budhijanto.
Baca juga: BMW Motorrad Indonesia Luncurkan Tiga Motor Baru Sekaligus
Gaya ”sporty”
Ducati Multistrada V4 RS memadukan desain khas Multistrada yang elegan dan dinamis dengan teknologi balap dari sepeda motor supersport khas Borgo Panigale. Dilengkapi dengan komponen serat karbon pada area spakbor depan, hand guard, heat shield, dan paruh depan yang memberikan kontras menarik dengan pilihan warna tunggal livery iceberg white.
Bagian buritan mengalami perubahan yang lebih sporty dengan menggunakan bodi berbahan techno-polymer yang ringan dan rangka penyangga jok titanium, menonjolkan tampilan sporty dan mengurangi bobot hingga 2,5 kilogram. Desain ekor ini mengalami revisi dibandingkan dengan Multistrada sebelumnya yang minimalis dan ramping di bagian belakang khas motor-motor petualang lainnya.
Multistrada V4 RS adalah satu-satunya di keluarga Multistrada yang menggunakan mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc, menggabungkan kemudahan berkendara khas Multistrada dengan karakter sporty Panigale dan Streetfighter. Mesin ini menghasilkan daya maksimum 180 hp dengan pembatas pada 13.500 rpm dengan didukung oleh filter udara dari Panigale V4 R. Knalpot bawaan Akrapovic yang terhomologasi Euro 5+ dilengkapi dengan catalytic converter untuk menekan emisi gas buang.
Untuk mengoptimalkan performa Desmosedici yang lebih sporty dengan akselerasi lebih besar, Multistrada V4 RS menggunakan rasio akhir yang dipendekkan tanpa mengubah rasio gigi. Dilengkapi dengan kopling kering STM-EVO SBK dari aluminium billet, komponen ini memperkaya suara knalpot dengan timbre logam khas dan meningkatkan performa, terutama saat menggunakan minyak pelumas Ducati Corse Performance Powered by Shell Advance, hasil kerja sama Ducati Corse dan Shell di Superbike dan MotoGP.
Guna meningkatkan kenyamanan termal, Desmosedici Stradale dirancang untuk menonaktifkan bank belakang saat motor berhenti dalam keadaan netral dan saat suhu mesin di atas 70 derajat celsius. Selain itu, untuk kenyamanan lebih pada hari-hari yang lebih dingin, saluran udara segar yang mengalir ke kaki pengendara dapat ditutup. Interval perawatan untuk memeriksa celah katup pada Multistrada V4 RS adalah setiap 30.000 km.
Elektronik
Multistrada V4 RS dilengkapi dengan paket elektronik canggih dari Multistrada V4 S, termasuk teknologi radar depan dan belakang untuk adaptive cruise control (ACC) dan blind spot detection (BSD). Sistem elektroniknya terdiri dari 4 Mode Daya (Penuh, Tinggi, Sedang, Rendah), kontrol traksi Ducati (DTC), kontrol wheelie Ducati (DWC), kontrol rem mesin (EBC), dan Ducati quick shift (DQS) up/ down yang dikalibrasi untuk empat mode berkendara, yaitu race, sport, touring, dan urban.
V4 RS juga memperkenalkan mode daya penuh untuk pertama kali dalam keluarga Multistrada yang memberikan daya maksimum di semua gigi. Selain itu, panel instrumen TFT 6,5" menampilkan grafis khusus dan mendukung Ducati Connect, memungkinkan peta navigasi dan mirroring perangkat seluler, dengan kompartemen smartphone (telepon pintar) yang dilengkapi ventilasi untuk mendinginkan ponsel selama penggunaan intensif.
Motor ’multipurpose’ini memungkinkan pengendara untuk menikmati pengalaman berkendara yang maksimal di sirkuit serta dirancang untuk menghadapi tantangan medan yang tidak rata, memberikan kenyamanan, dan stabilitas saat berkendara.
Multistrada V4 RS kini untuk pertama kalinya menggunakan ukuran roda depan 17 inci, sebelumnya 19 inci, yang dibalut Ban Diablo Rosso IV Corsa untuk memberikan posisi berkendara sportif yang kini lebih ditujukan melahap trek jalanan mulus. Rangka aluminium monokok dan pelek aluminium tempa Marchesini yang lebih ringan meningkatkan dinamika kendaraan.
Komponen kelas atas juga melengkapi di sektor suspensi dan pengereman, seperti suspensi Öhlins Smart EC 2.0 memastikan kenyamanan dan dukungan dalam berbagai kondisi berkendara. Sistem pengereman dari Panigale V4 dilengkapi cakram dan kaliper Brembo Stylema.
Konsep touring yang sporty terlihat pada posisi pengendaraan. Posisi setang lebih pendek dan rendah, sementara pijakan kaki dipasang lebih tinggi dan mundur yang memberikan posisi duduk semakin agresif. Air scoop yang mengarahkan angin ke kaki pengendara meminimalisir efek panas dari mesin.
Pada bagian segitiga setang tertera nomor produksi pada pelat aluminium anodized hitam dengan bendera Italia yang membedakan dengan Multistrada biasa. Meski demikian, Multistrada V4 RS yang dijual Rp 1,3 miliar (OTR Jakarta) ini tidak disebut sebagai motor edisi terbatas, tetapi juga bukan produk massal alias dijual lebih sedikit untuk menandai 20 tahun keberadaan produk keluarga Multistrada. Ducati Indonesia mendatangkan lima unit saja untuk tahun ini yang empat di antaranya sudah laku dan hanya menyisakan satu unit.
Ducati menyediakan berbagai aksesori untuk meningkatkan performa dan tampilan Multistrada V4 RS. Terdapat berbagai opsi bagasi, seperti tas samping plastik atau aluminium, serta kaca depan yang lebih besar. Untuk memperkuat karakter sporty, tersedia juga komponen aluminium tempa dan detail serat karbon untuk menambah kesan agresif dan ringan pada motor.
Multistrada V4 RS adalah model di mana setiap komponen, setiap detail mulai dari paket elektronik, mesin spesifikasi superbike hingga rangka yang sangat ringan dipilih dengan satu tujuan, yaitu untuk menciptakan sepeda motor touring tersportif yang pernah ada.
Baca juga: Kebangkitan Kembali Motor Ikonik Harley-Davidson Hydra-Glide Revival di GIIAS 2024