Lawas, tetapi Anyar di GIIAS 2024
Agen-agen pemegang merek berlomba memamerkan keluaran terakhirnya. Sulit menerka kebaruan di balik tabir-tabir tersebut.
Sulit menghitung begitu banyaknya mobil yang masih berbalut kover menjelang pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Rilisan-rilisan mutakhir bermekaran, tetapi tak sedikit pula seri terdahulu yang berwajah varian baru.
Stan BMW tampak termasuk yang paling meriah saat Exclusive Media Day digelar, Rabu (17/7/2024). Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Jerman itu menempati nyaris satu aula dengan beberapa kendaraan yang masih diselungkupi pembungkusnya.
Managing Director BMW Group Asia Lars Nielsen melepas selubung tersebut dan tampaklah kejutan pertama yang berwahanakan Seri 4 terbaru. ”Kalau menginginkan varian coupe atau convertible (atap yang bisa dibuka), mobilnya cocok untuk Anda,” ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Banten.
Tampilan Seri 4 terlihat lebih agresif dengan adaptive LED headlights dan desain baru yang dipadukan M Sport Pro package. Khusus convertible, mobilnya disempurnakan cahaya serupa laser pada bagian belakang yang menghadirkan kesan futuristis.
Nielsen lantas menyibak penampilan BMW XM 50e yang cocok bagi penyuka mobil dengan performa tinggi. Sintesis BMW M dan X itu berkabin mewah, luas, dan nyaman. ”Kalau Anda belum merasa jadi bintang rock waktu mengendarainya, saya tidak tahu lagi,” ujarnya sambil tersenyum.
Ia juga hendak mendekatkan konsumen dengan kebanggaan nasionalnya seiring produk lain, BMW 520i M Sport yang dirakit di Indonesia. Kendaraan tersebut punya kesejarahan yang panjang lantaran ”nenek moyangnya”, Seri 5 E12, juga dirangkai di dalam negeri pada tahun 1976.
Nielsen melanjutkan dengan BMW i5 M60 xDrive yang dilengkapi fitur boost untuk memaksimalkan kecepatan dan torsi. ”Maka, detak jantung akan juga sedikit lebih cepat. Jangan lupa berkunjung ke pavilion Grup BMW sambil menyesap kopi sebagai wujud perhatian kami,” ujarnya.
Bergeser ke stan sebelah yang masih dinaungi BMW, Nielsen menyimak penjelasan Mini Head of Interior Design, Sebastian Kroes. Ia menyambut keluarga baru tunggangan asal Inggris itu, The New All Electric Mini Cooper, dengan tampilan depan yang klasik.
”Kami sudah di jalur yang tepat untuk mengusung filosofi kesederhanaan, tetapi karismatik. Inspirasinya, kegeniusan perancang Mini Cooper, Alec Issigonis,” ucapnya. Kroes juga menyajikan The New All Electric Mini Countryman dengan pilihan sporty, berperforma tinggi, dan sepenuhnya bertenaga listrik.
Hanya diperkenalkan
Para agen pemegang merek berlomba-lomba memamerkan keluaran terakhirnya. Sulit menerka mobil yang betul-betul baru atau bermetamorfosis saja dengan ”baju” berbeda di balik deretan tabirnya. Nyatanya, sebagian kreasi tergolong anyar, tetapi lawas.
Subaru juga menguak penutup tiga mobil untuk memperkenalkan edisi-edisi spesialnya. Pertama, Subaru BRZ dengan STI Performance Parts Edition. ”Lalu, SUV Subaru Adventure yang terdiri atas Forester dan Crosstrek,” kata Chief Executive Officer Subaru Indonesia Arie Christopher.
Di platform Honda, penudung Step Wagon e:HEV dan e:N1 disingkap hanya untuk diperkenalkan, tetapi bukan dirilis. Profil mobil-mobil tersebut masih misterius seturut para petinggi agen pemegang merek yang ogah menyampaikan jawaban detail.
”Hari ini, kami memamerkan kendaraan yang sudah dijual di Jepang,” ucap Presiden Direktur Honda Prospect Motor Shugo Watanabe. Ia hanya menjelaskan soal mobil yang dipandang cocok untuk pasar Indonesia setelah melewati banyak riset pada tahun ini.
Baca juga: Id Buzz, VW Kombi di Zaman Kiwari
Public Relations Honda Prospect Motor Yulian Karfili saat ditanya tipe e:HEV dan e:N1 pun hanya mempersilakan untuk mengamatinya. ”Belum tahu kapan dipasarkan. Jadi, pembelajaran dulu, kalau konsumen menginginkan, bisa dipertimbangkan,” katanya.
Yulian terus melihat kebutuhan pasar, termasuk harga. Duet kendaraan itu masih dipasok dari Thailand yang sudah lebih dulu dibidik untuk pemasaran. ”Buat Step Wagon, memang ada potensi untuk mobil keluarga atau MPV. Di bawah Rp 1 miliar atau lebih, saya juga belum bisa bilang,” ujarnya.
Di anjungan Toyota, New GR Yaris menjadi bintangnya. Debut di Indonesia pada tahun 2006 dibuntuti produksi yang langgeng, termasuk diikutsertakan dalam lomba-lomba hingga meraih juara. Buah dari responsifnya membenahi keluhan-keluhan hatchback tersebut telah dipetik.
”Kami malah berterima kasih atas kerusakan-kerusakan yang dilaporkan karena bisa membereskannya,” kata Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy. Ia pun menyodorkan visibilitas New GR Yaris yang lebih baik dengan mesin berkapasitas 1.600 cc turbo.
”Jadi, salah satu mesin paling efisien dan powerful (kuat) di dunia yang masih punya beberapa celah pengembangan,” klaim Anton. New GR Yaris dikembangkan khusus dengan kombinasi yang menghasilkan transmisi automatik yang sangat sporty dibarengi perpindahan gigi yang cepat.
Langkah berani
Sementara sepasang mobil mengapit General Manager Porsche Indonesia Alexander Riedel. Ia mengungkapkan penjelasan sebelum menyibak kain hitam yang menyelimuti besutan-besutan terbarunya, The New All-Electric Taycan dan Panamera generasi ketiga.
”Sudah 20 tahun sejak pertama kalinya dealer Porsche dibuka di Indonesia. Peluncuran model pada tahun ini sangat penting,” tuturnya. Taycan yang diterima khalayak otomotif sejak diperkenalkan pada tahun 2020 merupakan mobil sport listrik pertama Porsche.
Harus diakui, Porsche mengambil langkah berani dengan mengorbitkan Taycan untuk merengkuh masa depan mobilitas listrik. Performa Taycan terbaru telah ditingkatkan secara komprehensif dengan mendongkrak tenaga, akselerasi lebih yahud, dan jangkauan semakin jauh.
Riedel beralih dengan peneguhan All New Panamera sebagai standar sedan sport mewah. Varian tersebut dikenal menjadi pilihan mereka yang ingin merintis jalannya sendiri. ”Pilihan individualitas yang hampir tak terbatas. Tentu saja, disertai dinamika dan kecanggihan berkendara khas Porsche,” ujarnya.
Infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik pun terus dikembangkan dengan tujuh lokasinya di Jakarta hingga Bali. Sinkron dengan dibidiknya destinasi-destinasi gaya hidup, seperti hotel dan resor mewah, Porsche Destination Charging juga akan ditambah.