Menguji Kenyamanan dan Limpahan Fitur Wuling Alvez
Uji kendara sejauh lebih dari 200 km membuktikan Wuling Alvez cukup nyaman dikendarai dalam perjalanan panjang melewati berbagai medan. Beragam fitur di mobil itu ikut menambah kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.
Oleh
HARIS FIRDAUS
·5 menit baca
Sejak diluncurkan di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada Februari lalu, Wuling Alvez langsung menjadi bahan pembicaraan banyak pihak. Mobil produksi Wuling Motors itu dinilai membuat persaingan di segmen SUV berukuran kompak menjadi kian sengit.
Pasalnya, mobil dengan kapasitas lima penumpang itu menawarkan fitur berlimpah dengan harga yang kompetitif. Ada tiga varian Alvez yang diproduksi, yakni tipe SE yang dijual Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, serta tipe EX dengan harga Rp 295 juta. Harga itu berlaku untuk on the road Jakarta.
Pada Jumat (26/5/2023) dan Sabtu (27/5/2023) lalu, Wuling Motors mengundang sejumlah jurnalis, termasuk Kompas, untuk menjajal Alvez dalam perjalanan jarak jauh dengan rute Yogyakarta-Wonosobo-Semarang. Ada lima unit Wuling Alvez EX yang disediakan dan bisa dijajal secara bergantian oleh 20 jurnalis dalam acara bertajuk ”All at Once Driving Experience” itu.
Perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari bandara yang berada di kawasan pesisir selatan itu, perjalanan dilakukan secara berombongan menuju kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Tahap awal perjalanan itu melintasi jalan nasional yang relatif mulus dan mendatar. Di beberapa titik, kondisi lalu lintas agak padat karena adanya perbaikan jalan. Setelah beberapa saat, rombongan keluar dari jalur nasional sehingga kondisi medan pun berganti. Di wilayah itu, jalanan mulai diwarnai dengan tanjakan dan turunan yang kadang berkelok.
Namun, turunan dan tanjakan itu masih tergolong biasa sehingga dengan mudah dilibas oleh Alvez EX yang dilengkapi mesin 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.485 cc tanpa turbo. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 105 HP dengan torsi puncak 143 Nm. Mobil dengan penggerak roda depan dan transmisi otomatis CVT itu pun melaju mulus hingga ke kawasan Borobudur.
Sesudah makan siang di sebuah restoran di tepi sawah kawasan Borobudur, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Wonosobo. Di etape ini, perjalanan menjadi lebih menantang. Tanjakan, turunan, dan belokan tajam makin kerap ditemui.
Di beberapa tanjakan ekstrem, akselerasi Alvez terasa agak lambat. Saat laju mobil melambat menjelang tanjakan, pengemudi perlu menginjak pedal gas agak dalam untuk menambah tenaga. Namun, kondisi ini dengan mudah diatasi jika pengemudi mengganti mode transmisi dari otomatis menjadi manual.
Akselerasi yang agak lambat juga terasa saat Alvez EX hendak menyalip kendaraan lain di jalanan mendatar. Saat pedal gas diinjak agak dalam untuk menambah kecepatan, mesin mobil itu pun meraung cukup keras khas mobil yang bertransmisi CVT. Meski demikian, secara umum, Alvez EX cukup nyaman dikendarai untuk perjalanan jarak jauh melewati berbagai kondisi medan.
Kenyamanan itu tak hanya dirasakan oleh pengemudi dan penumpang di bagian depan. Penumpang di baris kedua di mobil tersebut pun tetap merasakan kenyamanan saat menempuh perjalanan jauh. Hal ini karena Alvez memiliki jarak antarsumbu roda (wheelbase) sepanjang 2.550 milimeter sehingga kabin bagian belakang pun masih cukup lega.
Kenyamanan duduk di baris kedua itu dirasakan Kompas dalam perjalanan dari Wonosobo menuju kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang, yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Meski mobil dipacu untuk mengejar waktu dan terkadang melewati belokan tajam, guncangan di kabin bagian belakang tak terlalu terasa.
Setelah sampai di Bandungan, rombongan singgah sejenak untuk makan malam, lalu perjalanan dilanjutkan hingga hotel di Kota Semarang. Pada hari pertama uji kendara, total jarak yang kami tempuh dengan Alvez EX itu mencapai 231 km. Adapun konsumsi bahan bakar mobil tersebut 13,5 km per liter.
Ragam fitur
Salah satu yang paling menarik dari Alvez EX adalah fitur advanced driver assistance system (ADAS). Fitur-fitur yang ada di sistem tersebut bertujuan untuk membantu pengemudi saat berkendara sehingga bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.
Salah satu fitur yang menjadi bagian dari ADAS adalah adaptive cruise control (ACC) yang bisa membuat mobil secara otomatis menyesuaikan kecepatannya dengan kecepatan kendaraan di depannya. Fitur yang bisa diaktifkan dengan menekan tombol di bagian kemudi itu juga berfungsi untuk menjaga jarak aman mobil dengan kendaraan di depannya.
Dalam uji kendara dengan rute Yogyakarta-Wonosobo-Semarang, Kompas beberapa kali mencoba fitur ACC. Di jalanan mendatar yang relatif lengang, fitur itu terasa sangat membantu pengemudi. Namun, saat kondisi lalu lintas relatif padat, kendali kendaraan harus dikembalikan sepenuhnya ke tangan pengemudi.
Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, mengatakan, fitur ACC bisa meningkatkan kenyamanan dan mengurangi beban pengemudi. Sebab, saat fitur itu dihidupkan, kendaraan bisa diatur kecepatannya secara otomatis. Oleh karena itu, dalam kondisi tertentu, pengemudi tak perlu memainkan pedal gas dan rem untuk mengatur kecepatan mobil.
Di sisi lain, Danang menyebut, fitur ACC juga meningkatkan aspek keselamatan karena bisa mengatur jarak mobil dengan kendaraan di depannya. ”Tapi, cruise control itu tidak bisa dipakai untuk semua kondisi. Jadi, kita harus lihat-lihat juga,” tuturnya.
Salah satu kondisi ideal untuk pemakaian fitur itu adalah saat mobil melaju di jalan tol yang relatif lengang. ”Kondisi idealnya adalah saat kita jalan di jalan yang rata dan kecepatan kita konstan, contohnya di jalan tol. Tapi kalau kita lagi masuk jalan di dalam kota yang lalu lintasnya simpang-siur, lebih baik driver (pengemudi) yang pegang kendali secara penuh,” ungkap Danang.
Selain ACC, fitur lain yang menjadi bagian dari ADAS di Alvez EX adalah forward collision warning (FCW) untuk mendeteksi kendaraan yang ada di depan dan memicu alarm peringatan saat mobil mendekati bahaya.
Ada juga automatic emergency braking (AEB) yang berfungsi untuk mengerem saat jarak mobil dengan kendaraan atau pejalan kaki di depannya kurang dari jarak aman. Terdapat pula fitur lane departure warning (LDW) untuk memberi peringatan saat kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki.
Selain ADAS, Alvez EX juga dilengkapi dengan fitur Wuling Indonesian Command (WIND) yang memungkinkan pengguna memberikan perintah secara otomatis menggunakan suara dengan bahasa Indonesia. Dengan mengucapkan ”Halo, Wuling” diikuti perintah tertentu, kita bisa dengan mudah mengatur AC, memutar musik, membuka jendela serta sunroof, dan sebagainya.
Dengan limpahan fitur itu, Alvez EX bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang menginginkan mobil dengan teknologi terkini tanpa melupakan aspek kenyamanan sekaligus gaya.