Sebanyak 15.622 Kendaraan Terjual, Nilai Transaksi Tembus Rp 5,3 Triliun
Sejumlah peserta secara terpisah juga melaporkan kenaikan transaksi signifikan dibandingkan IIMS tahun lalu.
Oleh
DAHONO FITRIANTO
·5 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2023 yang digelar 16-26 Februari 2023 lalu mencatat berbagai capaian yang melampaui target awal. Selama 11 hari penyelenggaraan, tercatat 15.622 kendaraan terjual dengan nilai transaksi menembus angka Rp 5,3 triliun.
Nilai transaksi itu melampaui target awal yang ditetapkan sebesar Rp 3,8 triliun. Sementara jumlah pengunjung pameran yang digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, itu, juga melampaui target awal 400.000 orang, dengan jumlah final pengunjung pameran mencapai 468.720 orang.
”Secara keseluruhan dapat dikatakan optimisme ekonomi secara makro di tahun 2023 ini mulai terlihat dan sangat bagus. Sehingga tujuan kami sebagai penyelenggara di sektor otomotif, sudah berhasil menangkap sinyal optimistis pada tahun 2023 kita bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan,” pungkas Daswar Marpaung, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo sekaligus Project Director IIMS 2023 dalam siaran pers yang diedarkan hari Kamis (2/3/2023).
Jumlah kendaraan yang terjual tersebut berasal dari 45 merek kendaraan peserta pameran, baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Sejumlah peserta secara terpisah juga melaporkan kenaikan transaksi signifikan dibandingkan IIMS tahun lalu.
Kenaikan signifikan
PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku distributor resmi Toyota di Tanah Air melaporkan jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 1.947 unit selama pameran IIMS 2023 berlangsung. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 37,8 persen dari pencapaian pada IIMS 2022.
TAM menyebutkan, dari total SPK yang diperoleh tersebut, kontribusi terbesar diberikan oleh duo MPV (multipurpose vehicle) Toyota Avanza dan Toyota Veloz. Avanza mencatatkan 331 SPK, sementara Veloz sebanyak 184 SPK. Jumlah keduanya memberikan kontribusi sebesar 26,4 persen dari total penjualan Toyota.
”Selain itu, All New Kijang Innova Zenix yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu juga mendapatkan respons positif dari masyarakat dengan membukukan 403 SPK,” kata Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwady.
Selain kontribusi trio MPV tersebut, model-model Toyota lainnya yang juga berkontribusi besar adalah Toyota Raize sebanyak 265 unit (13,6 persen), Toyota Fortuner 184 unit (9,4 persen), dan Toyota Rush 181 unit (9,3 persen). Yang menarik, penjualan kendaraan hibrida Toyota pada IIMS tahun ini melonjak 212 persen menjadi 150 unit, yang disumbangkan oleh penjualan All New Kijang Innova Zenix Hybrid dan New Corolla Cross GR-Sport Hybrid EV.
Di sektor roda dua, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek sepeda motor Honda di Indonesia melaporkan total pemesanan 1.054 unit sepeda motor berbagai model. Dari jumlah tersebut, kontribusi terbesar diberikan model skuter matik (skutik) 160 cc, seperti Honda Vario 160, Honda PCX, hingga Honda ADV160, yang totalnya terjual sebanyak 421 unit.
Di urutan kedua, ada model-model skutik di bawah 160 cc yang lazim ditemui di jalanan, yakni Honda Scoopy dan Honda Vario 125, dengan total penjualan mencapai 393 unit.
Kembali ke sektor roda empat, PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI), selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi, melaporkan penjualan total sebanyak 1.738 unit mobil. Penjualan Mitsubishi masih didominasi model Xpander dan Xpander Cross yang jumlahnya berkontribusi hingga 62 persen dari total penjualan Mitsubishi.
Sementara Mitsubishi Pajero Sport berkontribusi sebesar 36 persen dan sisanya disumbangkan oleh Mitsubishi Triton dan model-model lainnya.
Selain mencatat penjualan yang signifikan, Mitsubishi di IIMS 2023 ini juga mengumumkan rencana produksi mobil listrik Minicab-MiEV di fasilitas produksi PT Mitsubishi Motors Kramayudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Jawa Barat, mulai awal 2024. Hal ini menandai dimulainya merek otomotif Jepang memproduksi mobil listrik murni (BEV) di dalam negeri.
Merek mobil asal Jepang lainnya, yakni Honda, juga mengungkapkan kenaikan signifikan penjualannya selama IIMS 2023. PT Honda Prospect Motor (HPM), sebagai agen pemegang merek mobil Honda di Tanah Air, melaporkan total pemesanan 1.358 SPK selama 11 hari penyelenggaraan IIMS. Angka ini naik 27 persen dibandingkan IIMS 2022.
Mobil Honda yang paling banyak dipesan di IIMS tahun ini adalah All New Honda HR-V dengan jumlah 399 unit. Sementara model SUV terbaru, yaitu Honda WR-V, mencatat pemesanan 377 unit. Model lain yang juga menyumbangkan pemesanan terbanyak adalah Honda Brio, yaitu 324 unit.
”Kami berharap hasil penjualan di IIMS yang positif ini menjadi tren yang dapat berlanjut di bulan-bulan mendatang,” tutur Yusak Billy, Business Innovation and Sales and Marketing Director PT Honda Prospect Motor.
Merek non-Jepang
Merek-merek dari luar Jepang juga mencatatkan capaian positif selama mengikuti IIMS 2023. Raksasa asal Korea Selatan, Hyundai, melaporkan total pemesanan 1.560 unit sepanjang penyelenggaraan IIMS tahun ini. Dari angka tersebut, model Hyundai Stargazer menyumbangkan hampir separuhnya atau terjual 747 unit. Di posisi kedua ada Hyundai Creta yang dipesan 522 SPK.
Wuling Motors dari China melaporkan pemesanan total 1.237 unit mobil selama IIMS 2023. Kontribusi terbesar penjualan Wuling datang dari mobil listrik mini Wuling Air ev yang terjual 547 unit. Sementara SUV terbarunya, Wuling Alvez, mencatatkan 163 SPK.
”Kami melihat Wuling Alvez yang banyak dicoba oleh pengunjung IIMS menunjukkan tingginya rasa penasaran konsumen untuk mencoba compact SUV terbaru ini secara langsung. Kemudian, disusul dengan angka test drive Air ev yang juga besar selama pameran ini dapat dijadikan indikator yang positif dalam tren mobil listrik di kalangan masyarakat,” tambah Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors.
Merek asal China lainnya, DFSK, mengumpulkan total 953 SPK mobil. Yang menarik, lebih dari separuh SPK itu disumbangkan mobil listrik, yakni DFSK Gelora E yang terjual 516 unit. Sisanya disumbangkan mobil bermesin pembakaran internal, antara lain, mobil pikap DFSK Super Cab (229 SPK), DFSK Gelora (122 SPK), DFSK Glory 560 (53 SPK), dan DFSK Glory i-Auto (33 SPK).
Sementara Chery mencatat sukses dengan SUV terbarunya, Omoda 5. Mobil crossover SUV yang berdesain futuristik dan sarat dengan fitur canggih ini mencatat angka pemesanan pre-booking lebih dari 400 unit selama penyelenggaraan IIMS 2023.
IIMS 2023 di Jakarta diikuti tak kurang dari 171 peserta, dengan 45 di antaranya adalah berbagai merek kendaraan roda empat dan roda dua. Setelah di Jakarta, akan digelar rangkaian IIMS Series 2023 di sejumlah kota besar di Indonesia.
Dimulai dengan IIMS Surabaya yang digelar di Grand City Convex Surabaya pada 31 Mei-4 Juni 2023 dan dilanjutkan dengan IIMS Makassar yang akan dilaksanakan pada 4-8 Oktober 2023 di Celebes Convention Center, Makassar, serta IIMS Motobike Show yang akan digelar pada 17-19 November 2023 di Istora Senayan, Jakarta. (DHF)