Pengisian daya baterai dengan koneksi CCS (isi cepat) memakan waktu 40 menit dari 0 hingga 80 persen. Ada tiga mode berkendara yang bisa dipilih, yang berdampak pada daya tahan baterai, yaitu mode sport, normal, dan eco.
Oleh
HERLAMBANG JALUARDI
·4 menit baca
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Morris Garage (MG) Indonesia mengenalkan mobil bertenaga listrik murni bernama MG 5 EV di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Model ini beruwujud station wagon, menambah mobil elektrik mereka lainnya yang bermodel SUV bernama MG ZS EV. Foto diambil pada Kamis (11/11/2021).
Dalam dua pameran otomotif yang digelar di Indonesia pada 2021, merek mobil MG, atau Morris Garage, konsisten memunculkan mobil listrik mereka. Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) April lalu, mereka mengenalkan mobil listrik bernama MG ZS EV. Meski SUV kompak itu belum kunjung mengaspal, MG mengenalkan mobil baru bertenaga listrik murni bernama MG 5 EV pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).
Pada gerai mereka di GIIAS 2021, mobil listrik baru itu berwarna putih, ditempatkan tak jauh dari pintu masuk pengunjung. Mobil MG 5 EV ini berbentuk station wagon atau estate dengan panjang 4,5 meter. Mereka mengklaim, inilah mobil station wagon bertenaga listik murni pertama yang ada di Indonesia.
“Sejak hari pertama GIIAS dibuka, banyak orang yang melihat MG 5 EV ini. Ini bisa jadi salah satu indikator tingginya minat masyarakat Indonesia pada mobil bertenaga listrik yang ramah lingkungan,” kata Arief Syarifudin, Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Tampak samping mobil bertenaga listrik murni MG 5 EV yang berwujud station wagon.
Spesifikasi kinerja MG 5 EV superior dibandingkan model SUV kompak MG ZS EV. Jika MG ZS EV memakai baterai berkapasitas 44,5 kwh, baterai pada MG 5 EV berkapasitas 50,3 kwh. Di atas kertas, MG 5 EV bisa menempuh perjalanan lebih jauh dibandingkan saudari SUV-nya itu. Klaimnya, daya baterai MG 5 EV bisa menempuh jarak 380 km jika diisi penuh. Penghitungan itu berdasarkan standar uji New European Driving Cycle (NEDC).
Pengisian daya baterai dengan koneksi CCS (isi cepat) memakan waktu 40 menit dari 0 hingga 80 persen. Ada tiga mode berkendara yang bisa dipilih, yang berdampak pada daya tahan baterai, yaitu mode sport, normal, dan eco.
Listrik dari baterai tersebut dialirkan ke permanent magnet synchronous motor. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan adalah 115 kW, atau setara dengan 156 PS. Daya akselerasi dari berhenti sampai kecepatan 100 km per jam sekitar delapan detik. Sebagai perbandingan, tenaga maksimal yang diproduksi motor listrik pada MG ZS EV adalah 142 PS.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Tampak belakang mobil bertenaga listrik murni MG 5 EV. Mobil ini bermodel station wagon yang identik dengan angkutan keluarga.
Sejumlah fitur berkendara mobil masa kini juga terpasang di MG 5 EV ini. Beberapa di antaranya adalah cruise control yang bisa mempertahankan kecepatan tanpa menginjak gas. Kaki pengemudi juga lebih rileks karena mobil ini punya fitur auto vehicle hold, yang menahan rem ketika berhenti tanpa terus-menerus menginjak pedal remnya.
Fitur lainnya, yang telah menjadi standar mobil-mobil keluaran MG disematkan pula di stasion wagon listrik mereka ini. Fitur tersebut antara lain sistem pengereman ABS dan EBD; sistem pengendali kestabilan, sistem pengendali traksi, sistem pengereman pada tanjakan, dan pemantau tekanan ban.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Kluster instrumen mobil bertenaga listrik MG 5 EV menggunakan layar digital.
Dari segi desain, MG tetap meletakkan colokan listrik di balik logo oktagonal di bagian gril depan, seperti pada MG ZS EV. Desain gril MG 5 EV ini terlihat lebih elegan dengan garis-garis perak yang tegas. Lampu depannya menggunakan LED berteknologi proyektor, juga dilengkapi lampu siang hari.
Dilihat dari samping, mobil ini punya garis tegas yang seolah mempertemukan lampu depan dengan lampu belakang. Garis itu agak melengkung di bagian atas roda.
Di bagian interior, joknya terasa nyaman dengan lapisan seperti kulit. MG memakai konsep desain jok yang diebut anti-curved surfaced design, yang dimaksudkan mampu mengikuti lekuk tubuh penumpang, sehingga tidak lelah ketika berkendara jarak jauh. Mayoritas permukaan dasbor berbalut material empuk didominasi warna hitam. Kluster instrumen di balik kemudi memakai layar digital. Kapasitas bagasi maksimal dengan kursi baris ketiga dilipat bisa mencapai 1.456 liter, cocok untuk pergi jauh.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Konsol tengah mobil bertenaga listrik MG 5 EV terlihat rapi dan simpel. Tuas "transmisi" digantikan mode putar. Sejumlah fitur, seperti mode berkendara dan pengereman regeneratif diaktifkan dengan tombol fisik.
Selain mengenalkan wujud station wagon, MG juga mengungkap seri MG 5 GT yang berbentuk sedan coupe empat pintu. Desain ekterior ini lebih sporty dengan buritan yang merendah pada atap belakang.
Menurut Arief, MG 5 GT ini untuk memuaskan keinginan pecinta mobil berpenampilan sporty di tanah air. “Kami telah menerima pemesanan unit MG 5 GT meski belum mengumumkan detail spesifikasi dan harga,” kata Arief. Perihal harga, Arief memberi angin segar dengan menyebut mobil coupe empat pintu ini bisa saja dibanderol di bawah Rp 500 juta.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Tampak muka mobil andalan Morris Garage Indonesia di ajang GIIAS 2021, yaitu MG 5 GT. Mobil ini berwujud sedan coupe dengan empat pintu, yang lebih menonjolkan kesan gesit dan lincah.
Unit MG 5 GT ini speertinya yang menjadi unggulan MG Indonesia di ajang GIIAS tahun ini. Mobil berkelir kuning mentereng ini diletakkan di atas panggung. Dalam keterangan pers tertulis bahwa mobil ini didesain di London, Inggris. Desainnya bakal mengingatkan kejayaan MG di trek balap hampir satu abad silam. Rancangan desain ini mendapat penghargaan desain terbaik kategori mobil sport kompak di ajang Good Design Award 2021 (G-Mark).
Mobil lain yang jadi andalan MG di GIIAS kali ini adalah dua kelas SUV yang telah meluncur sebelumnya, yaitu MG ZS dan MG HS bertema klub sepakbola Liverpool. Pada bodinya tersemat sejumlah badges dan aksesori logo klub sepakbola tersebut. Logo itu juga ditempelkan di bagian dalam mobil, seperti di konsol tengah.
Setiap pembeli edisi spesial Liverpool akan mendapat pernak-pernik klub, serta sertifikat kepemilikan yang bernomor urut 1-100 untuk MG HS, dan 1-200 untuk MG ZS.(HEI)
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Separuh bagian belakang mobil MG 5 GT tampak sposrty dengan atap melandai hingga buritan. Sedan berbentuk coupe ini menggunakan desain empat pintu.