Dihentikan di AS, Penjualan Mazda 6 dan Mazda CX-3 Tetap Dilanjutkan di Indonesia
Mazda Amerika memutuskan untuk menghentikan penjualan Mazda 6 dan Mazda CX-3 di pasar Amerika Serikat. Namun, di Indonesia, penjualan dua model andalan Mazda ini tetap akan dilanjutkan.
Oleh
Dahono Fitrianto
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Menanggapi pengumuman Mazda Amerika terkait penghentian penjualan Mazda 6 dan Mazda CX-3 di Negeri Paman Sam tersebut, Mazda Indonesia menegaskan masih akan tetap memasarkan dua model itu di Tanah Air. Karakter pelanggan di Indonesia dinilai berbeda dibandingkan karakter pelanggan di AS.
”Penghentian penjualan kedua model tersebut hanya berlaku untuk pasar Amerika. Sementara untuk pasar Indonesia, kedua model tersebut akan terus kami pasarkan mengingat pasar Indonesia memiliki karakter pelanggan yang berbeda dengan karakter pelanggan di Amerika Serikat,” ungkap Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia, dalam siaran pers, Senin (25/5/2021).
Menurut Ricky, baik Mazda 6 yang berbentuk sedan medium dan Mazda CX-3 yang merupakan small crossover SUV telah mendapat tempat tersendiri di hati para pencinta Mazda di Tanah Air. Varian CX-3 Sport 1.5L yang baru diluncurkan akhir Maret 2021, misalnya, terjual habis hanya beberapa hari setelah peluncurannya.
”Model Mazda tersebut diakui sangat digemari oleh pasar Indonesia, terutama untuk New Mazda CX-3 Sport 1.5 L yang baru-baru ini kami perkenalkan. Dimensinya yang kompak, desain menarik, serta dukungan fitur-fitur unggulan yang terbaik di kelasnya, dan juga performa berkendara yang menyenangkan karena didukung teknologi Skyactiv, membuat New Mazda CX-3 berhasil mendapatkan tempat tersendiri di hati penggemar crossover kompak,” ujar Ricky.
Demikian juga dengan Mazda 6, yang di Indonesia dikenal sebagai mobil patroli polisi sekaligus mobil dinas resmi para petinggi jajaran Polri. Mobil ini juga dipasarkan dalam varian estate yang bisa dikatakan bermain sendirian di kelasnya. ”Sedan premium Mazda 6 Elite serta Mazda 6 Elite Estate juga telah mendapatkan posisi tersendiri di hati para penggemar sedan. Apalagi dengan hadirnya model estate yang sampai saat ini tidak memiliki rival di kelasnya, menjadikan tipe estate ini menjadi model buruan para kolektor kendaraan,” ungkap Ricky.
Perubahan minat
Sebelumnya, pada 21 Mei 2021, Mazda Amerika (Mazda North America Operations/MNAO) mengumumkan di laman resmi mereka, www.mazdausa.com, bahwa penjualan CX-3 dan Mazda 6 untuk tahun model 2022 akan dihentikan di pasar Amerika Serikat. Dalam pengumuman singkat itu hanya disebutkan, alasan penghentian ini adalah karena perubahan minat konsumen mobil di negara tersebut.
”Karena minat konsumen terus berevolusi, Mazda akan menghentikan (penjualan) CX-3 dan Mazda 6 untuk tahun model 2022 di pasar AS. Meski dua model itu akan meninggalkan lini produk kami (yang dipasarkan) di AS, kami bangga dengan kontribusi kedua model itu dalam hal performa, desain, kualitas, dan keselamatan terhadap brand kami,” demikian kutipan pengumuman resmi tersebut.
AS adalah salah satu pasar utama Mazda di dunia. Bahkan, di tengah pandemi yang melanda dunia, termasuk AS, tahun lalu, penjualan Mazda di negara tersebut tetap tumbuh positif. Siaran pers MNAO pada 5 Januari 2021 menyebutkan, total penjualan Mazda pada 2020 mencapai 279.076 unit atau naik sebesar 0,2 persen dibandingkan tahun 2019.
Dari angka tersebut, penjualan model-model crossover SUV Mazda, yang meliputi model CX-9, CX-5, CX-30, dan CX-3, mencapai total 220.457 unit atau 79 persen dari total penjualan.