New Toyota Fortuner memang sudah diluncurkan di pasar Tanah Air sejak Agustus 2020. Namun, berbagai perubahan dan pembaruan di mobil ini tetap menarik untuk dikupas.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
New Toyota Fortuner memang sudah diperkenalkan sejak Agustus 2020. Namun, berbagai pembaruan pada mobil SUV gagah ini tetaplah menarik untuk dikupas sambil melakukan perjalanan kecil di sekitar Jakarta di masa pembatasan sosial.
Mengendarai New Toyota Fortuner TRD Sportivo yang menjadi unit tes ini serasa menguasai jalan, menerabas jalan yang lengang. Tentu, karena bodi yang besar dan ground clearance yang tinggi, tumbuh rasa percaya diri pengemudinya untuk menjelajah berbagai medan, termasuk saat terjadi perubahan cuaca.
Jelang perayaan Imlek, Rabu (10/2/2021) pagi, sinar mentari menandai cerahnya awal perjalanan ini. Dari pinggiran kota Jakarta melintasi jalan tol Depok-Antasari, lalu bergerak menuju barat Jakarta. Suara khas mesin diesel mewarnai manuver dari jalur lambat ke jalur cepat.
Berada di belakang kemudi, terasa betul fungsionalitas Fortuner yang siap diajak perjalanan ke hampir segala medan jalan. Tarikan mesin mobil berkapasitas 2.400 cc dengan turbo yang sanggup menghasilkan tenaga 149,6 PS dan torsi 400 Nm, ini, terasa mantap dan mobil pun ringan melaju di jalan tol.
Pantai Tanjung Kait, Kabupaten Tangerang, Banten, menjadi pilihan tujuan perjalanan singkat kali ini. Sepotong perjalanan yang tidak mudah karena selepas keluar dari gerbang tol Cikupa/Pasar Kemis dan memasuki kawasan perumahan, jalan mulai berlika-liku.
Kondisi jalan satu lajur membuat mobil harus dijalankan ekstra hati-hati, terlebih saat berpapasan dengan kendaraan lain, termasuk truk. Ditambah pula, puluhan sepeda motor dari arah yang sama maupun berlawanan, termasuk pula dari jalan perkampungan, menjadi tantangan tersendiri dalam pengujian.
Apalagi, hujan sempat mengguyur deras. Genangan air yang dilewati bisa saja diterobos begitu mudah, tanpa perlu merasa khawatir. Namun, di sinilah kesadaran dan kesabaran sebagai pengemudi ikut diuji, mengingat cipratan air dapat berpotensi mengenai kendaraan lain atau rumah penduduk.
Beruntung, New Fortuner ini di semua varian sudah dilengkapi teknologi variable fluid control (VFC) pada power steering hidroliknya. Teknologi ini membuat tingkat keringanan memutar roda kemudi otomatis disesuaikan dengan kecepatan, ringan pada saat berjalan pelan, dan makin berat saat mobil melaju makin kencang.
New Fortuner juga sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan, seperti hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), emergency brake signal (EBS), automatic-traction control (A-TC), hingga trailer sway control (TSC) yang berfungsi mendeteksi dan mengurangi goyangan mobil saat menarik gandengan alias trailer.
Sewaktu berhenti di persimpangan yang mau tidak mau berdekatan dengan kendaraan lain, termasuk sepeda motor, fitur surround monitor pun berfungsi secara otomatis.
Yang membuat semakin terasa aman, varian TRD Sportivo ini juga memiliki fitur blind spot detection (BSD) untuk mendeteksi obyek di area blind spot kendaraan. Ada juga lane departure warning (LDW) untuk mendeteksi jika mobil keluar jalur tanpa disengaja, moving object detection (MOD) untuk mendeteksi obyek bergerak di sekitar mobil, dan headway monitoring warning (HMW) untuk memantau mobil lain yang masuk ke area keselamatan New Fortuner ini. Lewat perangkat sensornya, seluruh fitur tersebut berulang kali memberikan peringatan dini pada kami jika posisi Fortuner dinilai tidak aman.
Tiba di sebuah kelenteng ditemani rintik hujan, kami pun tak menyia-nyiakan waktu untuk melihat dan mengabadikan perubahan eksterior yang menjadi pembeda model TRD Sportivo ini dengan varian lain New Fortuner. Bagian depan, pembaruan terlihat pada desain bumper dan gril radiator. Baik lampu utama maupun lampu kabut sudah menggunakan LED. Terlihat juga ada penambahan ornamen dark garnish chrome pada bumper, gril, dan lampu kabut.
Bagian samping, kaca spion luar TRD Sportivo menggunakan warna hitam. Warna hitam juga terlihat dipakai pada pijakan kaki dan tutup pijakan kaki. Velg alloy ukuran 18 inci juga terlihat baru sehingga memunculkan kesan tangguh dan mewah. Fitur kick sensor untuk membuka pintu bagasi belakang tanpa menyentuh juga masih dipertahankan di tipe TRD ini. Bahkan, fitur membuka bagasi dengan sedikit goyangan kaki di bawah bumper belakang, ini, juga mulai disematkan pada tipe SRZ dan VRZ.
Lampu kombinasi LED baru di bagian belakang memberikan tampilan siluet pada malam hari. Bumper belakang tipe TRD Sportivo juga sudah mendapat tambahan spoiler dan garnish pintu bagasi berwarna krom gelap.
Sisi interior tidak banyak perubahan. Jok kursi sudah berbahan kulit hitam. Tak ketinggalan, fitur pengecas gawai nirkabel juga sudah tersedia. Jok depan juga dilengkapi pengatur kursi elektrik untuk mempermudah mengubah posisi duduk kedua bangku.
Hampir sama dengan sebagian besar varian Fortuner lainnya, varian TRD Sportivo ini dilengkapi head unit dengan layar ukuran 9 inci yang dilengkapi fitur konektivitas Miracast, koneksi dengan telepon pintar, perintah suara, dan fitur near field communication (NFC) untuk mengecek saldo kartu e-Toll. Kaca spion dalam juga sudah elektrokromatis sehingga otomatis akan meredup apabila ada pantulan lampu menyilaukan dari belakang.
Sepanjang perjalanan, jarum penunjuk bahan bakar terlihat tidak bergerak drastis. Dari informasi teknologi yang dimiliki PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia selaku perakit mobil ini, New Fortuner sudah mengadopsi sistem injeksi common-rail yang sudah dikontrol secara elektronik sehingga semakin irit bahan bakar. Pada perjalanan ini, layar multi information display (MID) menunjukkan konsumsi BBM rata-rata 13,5 km per liter.
Sepotong perjalanan pun berakhir, melintasi jalan berliku dan menerobos kemacetan lalu lintas. Hujan pun tak henti ikut menemani.