Dengan Konsep Royal Kabuki Premium, Lexus Tarik Pengunjung GIIAS 2019
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
“Smile is everything”. Senyuman yang terlahir dari ketulusan maupun senyuman yang terlahir dari decak kagum. Dari perang konsep hingga terselip menangkap peluang jualan, semua kaya akan kepentingan. Kasat mata terlihat konsep-konsep mobil masa depan ataupun sudah menjadi future product – yang tinggal menunggu waktu di ajang pameran otomotif kelas dunia, seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019.
Pilihan menghadirkan senyum yang bermula dari rasa memperoleh pengalaman menakjubkan alias experience amazing, itulah pilihan Lexus Indonesia. Jejeran mobil premium berkelas dengan tatanan menakjubkan mobil konsep LF-1 Limitless, seakan menjadikan jualan mobil sebagai tujuan utamanya. Sebab, suguhan lounge bertema “Royal Kabuki” membuat pengunjung serasa tidak berada di gedung pameran otomotif yang ingar-bingar.
“Tujuan kami sebenarnya ingin memberikan pengalaman yang mengejutkan untuk customer Lexus. Kami maunya orang yang mempunyai Lexus bukan hanya happy, tetapi juga dapat tersenyum bangga. That smile is everything,” kata General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja di booth Lexus pada GIIAS 2019 di ICE BSD City, Banten, Rabu (24/7/2019).
Tahun ini, Lexus Indonesia membuat lounge bertema “Royal Kabuki”. Tentu, tema itu masih terlahir dari asal-muasal mobil kelas premium ini dilahirkan, Jepang. Experience amazing dengan tema besar ‘Wa’, yang dalam filosofi Jepang berarti harmoni.
Tema harmoni dalam gaya hidup mewah kali ini diangkat dalam bentuk harmonisasi musik orkestra di panggung khas Jepang, yakni Kabuki Theatre. Filosofi kabuki di Jepang adalah sebuah penampilan seni terbaik yang dipersembahkan bagi para audience-nya.
“Kami tidak hanya menghadirkan produk-produk premium yang amazing dengan teknologi mutakhir, tapi kami juga menciptakan oase di tengah hiruk-pikuk pameran otomotif melalui Lexus Royal Kabuki Lounge,” ujar General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja.
Untuk menikmati booth Lexus yang amazing, konsumen harus melewati tiga area, yakni area atrium, selanjutnya area transisi dan terakhir area lounge. Area atrium disiapkan untuk mengeksplor seluruh lini produk Lexus, antara lain, Lexus LX 570 SPORT dan Lexus LS 500, serta New Lexus ES 250.
Tentu saja, tidak ketinggalan Lexus RX, NX dan UX series yang kian menjadi favorit SUV premium di Indonesia. Lexus pun secara konsisten menghadirkan mobil konsep. Tahun ini bentuknya Lexus LF-1 Limitless Concept, konsep mobil crossove premium masa depan.
Kemudian, Lexus membawa pengunjung melewati area transisi yang membawa ketenangan, sekaligus menjauhkan diri dari suasana bising dan hiruk pikuk pameran otomotif. “Lexus Indonesia mempersembahkan Lexus Brand Gallery. Ruang ini merepresentasikan berbagai item craftsmanship Lexus yang menggambarkan karya Lexus Takumi, filosofi artisan yang menerapkan human touch untuk setiap aspek desain dan pengembangan Lexus,” ujar Adrian
Nah, begitu sampai di Lexus Royal Kabuki Lounge, ada suguhan suasana nyaman dengan sajian Kabuki Theatre lengkap dengan pohon-pohon pinus dan grand pianodi tengahnya. Rupanya, lounge ini sengaja dibuat seperti teater, agar dapat menciptakan suasana megah, mewah layaknya sebuah pertunjukan musik orkestra.
Lexus "showmanship"
Kabuki adalah seni teater tradisional khas Jepang. Kabuki juga sebuah seni pertunjukan yang kaya akan showmanship. Lexus rupanya menganggap penting menghadirkan showmanship, sampai ke seluruh staf pemasaran Lexus harus memiliki kompetensi tersebut agar dapat memberikan pelayanan penuh kehangatan dan menyenangkan bagi pelanggan, khususnya loyalis Lexus.
“Lexus Royal Kabuki Lounge bukan hanya sebuah tempat, namun juga merupakan harmonisasi orang-orangnya, musik hingga suguhannya. Semua dirancang dengan serius untuk memberikan Experience Amazing di Lexus GIIAS 2019,” kata Adrian.
Untuk menciptakan harmoni, Lexus Royal Kabuki Lounge menyajikan pertunjukan musik pada jam-jam tertentu. Lounge ini akan menghadirkan musik kamar yang membawakan berbagai karya musik instrumen harmonisasi piano, cello, biola dan saxophone.
Lexus Indonesia juga menyajikan makanan dan minuman yang disajikan khusus di GIIAS 2019. Ada berbagai pilihan kuemochi dan air kelapa murni. Mochi merupakan sebuah sajian yang dibuat dengan harmonisasi proses pengolahan tepung beras hingga disajikan dengan cantik di dalam jewel box khusus.
Untuk sajian special GIIAS kali ini, juga disajikan dalam aneka pilihan rasa dan penampilan minuman khas yang terinspirasi dari keindahan empat bunga setiap musim di Jepang seperti, Sakura Honey Blossom (musim dingin), Asian Pigeonwings (musim semi), Sugarcane with Ginger (musim panas), dan Chrysanthemum Honey (musim gugur).
Seluruh ornamen di Lexus Royal Kabuki Lounge sangat diperhatikan, seperti adanya ornamen Spindle Grill Façade di jendela sudut ruangan yang mengingatkan pada bentuk gril khas mobil-mobil Lexus, pendaran batu marmer Onyx khas desain Lexus Gallery, dan konsep penataan ruangan yang berundak layaknya sebuah hal konser.
“Masuk ke dalam booth Lexus seperti masuk ke dalam mobil Lexus. Kami ingin semua pengunjung booth selalu tersenyum dan bahagia. Kami juga ingin semua customer Lexus merasa bangga menjadi bagian dari Lexus Family.” ucap Adrian.
Konon, sekitar 85 persen pengunjung yang melihat-lihat satu demi satu mobil Lexus di booth itu, hingga tergerak memutuskan singgah ke dalam lounge, akhirnya memang mengajukan pemesanan kendaraan. Padahal, pada pameran kali ini, harga Lexus dibanderol secara on the road Jakarta antara Rp 895 juta (Lexus UX) hingga Rp 4,535 miliar (Lexus LS500h).