FotografiKlinik FotoKepingan Nirwana Itu Ada di...
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

Kepingan Nirwana Itu Ada di Bromo

Dengan segala keindahannya, Gunung Bromo itu ibarat kepingan nirwana yang tersaji di muka Bumi. Semua menjadi pilihan kita untuk mengabadikannya dalam bentuk visual.

Oleh
IWAN SETIYAWAN
· 1 menit baca

Terhampar dalam cekungan pegunungan yang merupakan bekas gunung api purba yang kini menjadi Kaldera Tengger, Bromo seolah menjadi menu utama yang tersaji di sebuah restoran mewah. Restoran itu mewujud dalam keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Sebagai fotografer, maka kita tinggal memilih menu apa yang hendak kita santap menjadi rekaman visual.

Ibarat sebuah restoran, TNBTS juga punya menu-menu lain selain Gunung Bromo. Sajian pelengkap itu terhampar bersama Gunung Bromo dalam wadah kaldera Tengger. Lihatlah Gunung Batok, Gunung Widodaren, padang sabana, lautan pasir, serta bukit-bukit yang membentuk dinding Kaldera Tengger. Di sisi selatan, menempel erat Kaldera Tengger ada Gunung Semeru dengan puncak kerucutnya, Mahameru. Dalam mitologi masyarakat Jawa, Mahameru merupakan puncak nirwana tempat bersemayam para dewa.

Salah satu sudut Gunung Bromo purba di Kaldera Tengger.
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

Salah satu sudut Gunung Bromo purba di Kaldera Tengger.

Memuat data...
Memuat data...