logo Kompas.id
EkonomiMasa Depan UMKM Ada di Ekosistem Digital

Masa Depan UMKM Ada di Ekosistem Digital

Keberadaan dan keberlangsungan UMKM diyakini akan lebih banyak dipengaruhi oleh ekosistem digital. UMKM yang berada di ekosistem digital bisa mengakses pasar yang luas dan alternatif pendanaan serta sistem pembayaran.

Oleh Benediktus Krisna Yogatama
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Seorang pelaku UMKM (kanan) menjelaskan tentang produknya kepada pengunjung dalam Pagelaran UMKM Karya Kreatif Banua-Go Digital di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Keberadaan dan keberlangsungan usaha mikro, kecil, dan  menengah atau UMKM pada waktu mendatang akan lebih banyak bergantung pada ekosistem digital. Salah satunya adalah dipicu makin besarnya populasi pegiat UMKM dari generasi milenial dan generasi Z, yang lebih melek digital. Selain itu, pola konsumsi masyarakat pun semakin lekat dengan cara daring.

Hal itu mengemuka dalam diskusi virtual bertajuk ”Tranformasi Digital UMKM Merah Putih”, Rabu (13/10/2021). Hadir sebagai pembicara, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo Manuhutu, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Senior Executive Vice President Micro & Consumer Finance PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Josephus K Triprakoso, Direktur Utama Yokke Niniek S Rahardja, Chief Marketing Officer Doku Himelda Renuat, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga, dan pemilik usaha PT Noonaku Desain Indonesia Florentia Jeanne Susanto.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..