logo Kompas.id
EkonomiUMKM Butuh Pendampingan dan Permodalan untuk Bangkit

UMKM Butuh Pendampingan dan Permodalan untuk Bangkit

Kebijakan PPKM yang terus berlanjut tak mudah dipahami oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Pendapatan yang terus tergerus membuat pelaku UMKM membutuhkan solusi efektif pemerintah. Tidak sekadar digitalisasi.

Oleh Stefanus Osa Triyatna
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Suasana di pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta, pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, Sabtu (18/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang terus berlanjut tak mudah dipahami oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Solusi yang dilaksanakan pemerintah, seperti bantuan presiden untuk usaha mikro dan kini gencar menggiring ke arah digitalisasi pemasaran, tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan UMKM.

Kegagalan memahami PPKM yang bertujuan menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia itu mengemuka dalam pertemuan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan sejumlah asosiasi UMKM yang digelar di Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta, Rabu (22/9/2021). Pertemuan secara hybrid itu merupakan tindak lanjut pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan UMKM yang digelar di Istana Presiden pada 15 September lalu.

Editor: M Fajar Marta
Bagikan
Memuat data..