logo Kompas.id
EkonomiNormal Baru ”Yo Wis Ben”

Normal Baru ”Yo Wis Ben”

Kalau hal ini lagi-lagi menjadi pilihan pemerintah padahal sudah ada yang mengingatkan, ”yo wis ben” (ya sudahlah). Mau bagaimana lagi? Siap-siap saja untuk mengantisipasi risiko dan menerima konsekuensinya ke depan.

Oleh Hendriyo Widi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Suasana di depan pintu utama Mal Seasons City, Jakarta Barat, Senin (16/8/2021). Dalam satu pekan ini, uji coba normal baru dengan membuka aktivitas perekonomian secara bertahap mulai dilakukan. Salah satunya ialah pembukaan pusat perbelanjaan dan industri berbasis ekspor.

Normal baru era vaksinasi, itulah yang menjadi pilihan pemerintah. Memang, penerapan normal baru itu belum diumumkan secara resmi, tetapi arahnya sudah menuju ke sana. Agaknya, pemerintah memang telah siap dengan segala risiko dan konsekuensinya.

Uji coba pembukaan sejumlah mal beserta perpanjangan dan perluasannya, serta pembukaan 100 persen sejumlah industri berbasis ekspor menjadi indikasinya. Uji coba pembukaan 138 pusat perbelanjaan dengan sejumlah syarat, antara lain menunjukkan sertifikat vaksinasi digital, pengunjung dibatasi hanya 25 persen, dan tidak boleh makan di tempat, pada 10-16 Agustus 2021, diklaim sukses.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..