logo Kompas.id
EkonomiNormal Baru Era Vaksinasi Jadi Pilihan Pemerintah

Normal Baru Era Vaksinasi Jadi Pilihan Pemerintah

Ekonomi diharapkan bisa tetap berjalan dengan baik dan masih terbatas dengan tetap meningkatkan penanganan sektor kesehatan melalui percepatan vaksinasi, protokol kesehatan ketat, pembatasan, dan penelusuran kontak erat.

Oleh Hendriyo widi
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Pengunjung mencoba mendaftar di aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat untuk dapat memasuki pusat perbelanjaan di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Sabtu (14/8/2021). Memindai kode batang pada aplikasi PeduliLindungi saat masuk dan keluar pusat perbelanjaan menjadi syarat utama di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Melalui aplikasi tersebut, akan diketahui apakah pengunjung sudah divaksin atau belum.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah mengakui normal baru era vaksinasi menjadi pilihan dan mau tidak mau harus digulirkan ke depan. Namun, pemerintah tidak akan terburu-buru menerapkannya sehingga perlu uji coba berskala kecil dengan membuka sejumlah mal dan industri berbasis ekspor.

Uji coba tersebut juga dilakukan secara hati-hati dan terukur dengan penerapan syarat vaksinasi atau antigen/PCR dan protokol kesehatan ketat. Uji coba itu juga dalam rangka menyiapkan masyarakat agar dapat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat menuju normal baru.

Editor: Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Memuat data..