logo Kompas.id
β€Ί
Pendidikan & Kebudayaanβ€ΊLulusan SMK Difasilitasi untuk...
Iklan

Lulusan SMK Difasilitasi untuk Melanjutkan Kuliah Diploma Dua

Lulusan SMK diharapkan dapat melanjutkan kuliah yang memperkuat kompetensinya di dunia kerja. Pemerintah mendukung peningkatan mutu lulusan SMK lewat program D-2 jalur cepat di sejumlah politeknik.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
Β· 1 menit baca
Politeknik Negeri Madiun di Jawa Timur mendapat izin untuk menyelenggarakan program D-2 jalur cepat atau D-2 <i>fast track</i>. Politeknik ini menggandeng SMK untuk menerima lulusan dan bermitra dengan industri, yakni PT Inka (persero). Program D-2 jalur cepat memungkinkan lulusan SMK bisa meraih gelar D-2 dalam waktu lebih cepat daripada jalur reguler serta diperkuat kompetensi <i>hard skill</i> dan <i>soft skill</i> di industri terkait.
DOKUMENTASI KEMDIKBUDRISTEK

Politeknik Negeri Madiun di Jawa Timur mendapat izin untuk menyelenggarakan program D-2 jalur cepat atau D-2 fast track. Politeknik ini menggandeng SMK untuk menerima lulusan dan bermitra dengan industri, yakni PT Inka (persero). Program D-2 jalur cepat memungkinkan lulusan SMK bisa meraih gelar D-2 dalam waktu lebih cepat daripada jalur reguler serta diperkuat kompetensi hard skill dan soft skill di industri terkait.

JAKARTA, KOMPAS β€” Pendidikan kejuruan atau vokasi di SMK dan politeknik berkolaborasi untuk meningkatkan mutu lulusan dengan kuliah di jenjang diploma dua jalur cepat atau D-2fast track. Lulusan SMK tidak hanya bisa meraih gelar diploma dua dengan waktu lebih cepat, tetapi juga mempunyai keterhubungan dan kesesuaian yang makin kuat dengan dunia industri.

Sebanyak 27 program studi diploma dua (D-2) jalur cepat atau D-2 fast track tersebar di 16 politeknik di sejumlah daerah yang mendapat izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Politeknik yang membuka D-2 jalur cepat memiliki mitra SMK yang akan mengirimkan lulusannya kuliah serta industri untuk memperkuat link and match.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan