logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanPenari Modern Akan Diuji Kompetensi

Penari Modern Akan Diuji Kompetensi

Penari tarian modern akan diuji kompetensi agar mendapat sertifikasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Di sisi lain, hal ini dinilai tak tepat karena seni sulit dibakukan.

Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Opera Tari Gandari yang dipentaskan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, 12-13 Desember 2014, memadukan komposisi gubahan Tony Prabowo dengan koreografi karya Akiko Kitamura dan instalasi seni rupa karya Teguh Ostenrik. Opera tari yang disutradarai Yudi A Tajudin itu digubah dari puisi Gandari karya Goenawan Mohamad.

JAKARTA, KOMPAS — Lembaga Sertifikasi Kompetensi Tari Modern Indonesia akan menguji kompetensi para pelaku tari modern di Indonesia. Penari yang lulus uji kompetensi bakal menerima sertifikasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk berkarier di dalam dan luar negeri.

Hal itu mengemuka pada sosialisasi Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Tari Modern Indonesia secara daring, Rabu (24/11/2021) malam. LSK Tari Modern Indonesia dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 30 Juni 2021.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan