logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanOrganisasi Masyarakat Dorong Kesetaraan Jender di Ruang Digital

Organisasi Masyarakat Dorong Kesetaraan Jender di Ruang Digital

Isu kesetaraan jender terjadi juga di ranah digital karena perempuan lebih terhambat mengakses internet dan gawai dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini berpengaruh pada demokrasi dan pembangunan negara.

Oleh SEKAR GANDHAWANGI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Finalis Puteri Indonesia berfoto-foto. Sebanyak 39 finalis Puteri Indonesia dari semua provinsi mengunjungi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (3/3/2020). Kunjungan 39 finalis Puteri Indonesia untuk memperoleh pengetahuan antikorupsi dalam bentuk ceramah. Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang dan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull.

JAKARTA, KOMPAS — Perempuan lebih terhambat mengakses teknologi dan koneksi internet dibandingkan dengan laki-laki. Padahal, kesetaraan jender dalam ranah digital berkontribusi terhadap pembangunan. Peran organisasi masyarakat dinilai penting untuk mendorong kesetaraan tersebut.

Hal itu mengemuka pada diskusi hasil riset berjudul ”Peran Organisasi Masyarakat Sipil dalam Mendorong Kesetaraan Jender dalam Demokrasi Indonesia di Era Digital”, Senin (20/9/2021). Riset ini dilakukan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Editor: Adhitya Ramadhan
Bagikan
Memuat data..