logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanMenyiapkan Pembelajaran Campuran yang Bermutu

Menyiapkan Pembelajaran Campuran yang Bermutu

Sekolah-sekolah bersiap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka secara terbatas di masa pandemi Covid-19. Untuk menjamin mutu pembelajaran campuran tersebut, perlu pembenahan infrastruktur sekolah.

Oleh ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Totok Wijayanto

Seorang siswi sekolah dasar mengikuti pembelajaran jarak jauh daring dari rumahnya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (3/8/2021). Sudah baiknya infrastruktur telekomunikasi menyebabkan sistem pengajaran jarak jauh dapat berlangsung dengan lancar.

Pembelajaran tatap muka secara terbatas mulai berjalan seiring penurunan level bahaya pandemi Covid-19 di sejumlah daerah. Kini banyak sekolah mendata kondisi siswa, menyiapkan sarana sekolah, dan menanti izin penyelenggaraan belajar di sekolah.

Namun, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bukanlah sekolah dalam kondisi normal. Jadi, pembelajaran tatap muka hanya selama sekitar dua jam dan tidak setiap hari siswa hadir ke sekolah. Pembelajaran dengan model campuran atau hybrid learning (pembelajaran hibrida) pun menjadi gaya belajar yang siap diadopsi guru dan siswa.

Editor: evyrachmawati
Bagikan
Memuat data..