Akses Keadilan dan Pemulihan Korban Masih Jadi Tantangan
Hampir empat dekade Indonesia meratifikasi Konvensi CEDAW. Namun, implementasinya di lapangan masih menghadapi hambatan. Sistem peradilan pidana hingga kini belum belum banyak merepons kepentingan korban.
Oleh
SONYA HELLEN SINOMBOR
·5 menit baca
KOMPAS/YOLA SASTRA
Aktivis perempuan yang tergabung dalam Jaringan Peduli Perempuan menggelar aksi diam dalam peringatan Hari Perempuan Internasional di jalan depan Kantor DPRD Sumatera Barat, Padang, Sumbar, Senin (8/3/2021). Melalui tulisan di kertas karton, mereka menuntut pemerintah dan DPR untuk segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual karena angka kekerasan seksual masih relatif tinggi, termasuk di Sumbar.
Tahun 2021 merupakan tahun ke-37 Indonesia meratifikasi Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan atau Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women (CEDAW), melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1984. Kendati telah berlangsung hampir empat dekade, implementasi CEDAW di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan besar.
Kuatnya budaya patriarki dan masih rendahnya kesadaran untuk menghapus praktik-praktik diskriminasi terhadap perempuan di segala bidang membuat perempuan di Tanah Air masih terus berada dalam lingkaran kekerasan. Praktik diskriminasi dan ketidakadilan terus menghambat berbagai upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan jender di Indonesia.
Komisi Nasional Antikekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) dalam refleksi terhadap 37 tahun pelaksanaan CEDAW di Indonesia mengungkapkan tantangan yang terus dihadapi hingga kini, yaitu perlindungan dan pemenuhan hak-hak korban kejahatan serta menghapus kekerasan seksual secara sistemik.
Bahkan, Komnas Perempuan mengangkat laporan independen yang disampaikan kepada Pelapor Khusus PBB tentang pemenuhan hak-hak perempuan korban kekerasan seksual berbentuk pemerkosaan sebagai kaji ulang peraturan perundang-undangan yang tidak kondusif bagi penghapusan kekerasan seksual terhadap perempuan.
Hingga kini masih terjadi kekosongan hukum terhadap proses pengadilan bagi korban pemerkosaan. Definisi pemerkosaan di Indonesia masih mengacu pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), yaitu persetubuhan dengan penetrasi penis ke vagina dengan kekerasan atau ancaman kekerasan serta dikategorikan dalam tindak pidana kesusilaan sehingga sering disangkut-pautkan dengan moralitas. Akibat terbatasnya pengertian pemerkosaan ini, berbagai kasus pemerkosaan di luar definisi tersebut tidak dapat dijangkau secara hukum.
”Karena itu, Komnas Perempuan merekomendasikan agar meningkatkan kesadaran perempuan tentang hak-hak mereka dan cara mengaksesnya, khususnya hak-hak korban pemerkosaan, serta cara mendapatkan bantuan hukum dan pendampingan,” ujar Rainny Hutabarat, salah satu komisioner Komnas Perempuan, saat berbincang dengan media, Jumat (23/7/2021).
Komnas Perempuan merekomendasikan agar meningkatkan kesadaran perempuan tentang hak-hak mereka dan cara mengaksesnya, khususnya hak-hak korban pemerkosaan serta cara mendapatkan bantuan hukum dan pendampingan. (Rainny Hutabarat)
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Mural yang menuntut disahkannya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual di Jalan Bekasi Timur Raya, Jakarta Utara, Kamis (20/2/2020).
Sebagai negara pihak yang mengesahkan CEDAW melalui UU No 7/1984 pada 24 Juli 1984, Indonesia wajib mengimplementasikan mandat Rekomendasi Umum Nomor 19 yang diperbarui dengan Rekomendasi Umum Nomor 35.
Setidaknya tiga mandat yang harus dilaksanakan Indonesia, yakni: pertama, melaksanakan langkah-langkah tepat dan efektif untuk mengatasi segala kekerasan berbasis jender; kedua, membuat peraturan perundang-undangan tentang kekerasan dan penganiayaan dalam rumah tangga, pemerkosaan, penyerangan seksual dan bentuk-bentuk lain kekerasan berbasis jender, serta perlindungan perangkat pelayanan yang tepat harus disediakan bagi korban-korban. Dan, ketiga, menghapus kekerasan berbasis jender yang bersifat sistemik karena telah menjadi alat sosial, politik, ekonomi yang menempatkan perempuan dalam posisi subordinat dan melanggengkan stereotip peran jender.
Semenjak meratifikasi CEDAW, memang ada sejumlah kemajuan yang dicapai Indonesia terkait perlindungan perempuan dari diskriminasi, terutama dalam regulasi terkait perempuan korban. Misalnya, UU No 31/2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban serta Peraturan MA No 3/2017 tentang Pedoman Mengadili Perempuan Berhadapan dengan Hukum. Ada juga di UU No 23/2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), UU No 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta UU No 35/2014 tentang Perubahan UU No 23/2002 tentang Perlindungan Anak, dan UU No 20/1999 tentang Pengadilan HAM.
Namun, Komnas Perempuan memandang kemajuan tersebut masih belum cukup menjamin korban pemerkosaan di Tanah Air untuk mendapat hak atas keadilan dan pemulihan. Data Komnas Perempuan dalam lima tahun terakhir, kasus pendampingan korban lebih tinggi jumlahnya dibandingkan dengan kepolisian. Sepanjang 2016-2019, data masuk dari lembaga layanan pemerintah dan organisasi masyarakat sebanyak 8.964 kasus, tetapi data di kepolisian hanya 2.673 kasus dan yang sampai ke pengadilan negeri hanya 1.974 kasus.
Hambatan utama yang memengaruhi perumusan dan penegakan peraturan perundang-undangan serta cara bekerja aparat hukum adalah perspektif yang masih menempatkan perempuan sebagai subordinat dan obyek seksual laki-laki.
Kompas/Priyombodo
Peserta aksi mengenakan pakaian bernada protes dalam aksi damai memperingati Hari Perempuan Sedunia (International Women\'s Day) 2020 bersama Aliansi Gerakan Perempuan Anti Kekerasan (Gerak Perempuan) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). Aksi tersebut menuntut pembahasan dan pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, RUU Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat, dan rativikasi konvensi ILO 190 tentang penghapusan kekerasan dan pelecehan dunia kerja.
RUU Penghapusan Kekerasan Seksual
Di tengah kekosongan hukum ini, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual penting untuk didorong. Taufik Basari, anggota Dewan Perwakilan Rakyat, mengatakan, kunci utama dari implementasi CEDAW adalah pemerintah. ”Kita berharap pemerintah punya strategi komprehensif, mengevaluasi, dan mengkaji hambatan-hambatan apa saja yang terjadi. Capaian sudah ada, dalam hal legislasi sudah ada pro jender, tapi masih ada beberapa problem. Yang terpenting, bagaimana pemerintah menempatkan isu perempuan dalam garis besar pembangunan, termasuk pembangunan hukum,” kata Taufik yang selama ini ikut mengawal RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.
Misiyah, Direktur Institut Lingkaran Pendidikan Alternatif untuk Perempuan (Kapal Perempuan), menilai, tantangan yang mendesak yang membutuhkan penanganan adalah mengevaluasi dan menghapuskan peraturan-peraturan yang mendiskriminasi perempuan. Aturan yang diskriminatif ini semakin membuat perempuan menanggung risiko jauh lebih berat di masa pandemi Covid-19.
Diskriminasi saat ini juga datang dari kelompok-kelompok anti-kesetaraan dengan cara mendorong perempuan segera menikah di usia muda, menyalahkan perempuan yang menjadi korban, dan mengekang perempuan untuk kembali ke dalam rumah. ”Di tahun ke-37 ratifikasi CEDAW ini, apalagi masa krisis pandemi ini, (kita perlu) mendesak pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga,” papar Misiyah, Minggu (25/7/2021).
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam berbagai kesempatan, menyatakan bahwa pemerintah berkomitmen dalam mewujudkan kesetaraan jender, selain ratifikasi CEDAW, pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.
Untuk implementasinya, telah diterbitkan Instruksi Presiden tentang Pengarusutamaan Jender dalam Pembangunan Nasional yang memuat strategi pengarusutamaan jender ke dalam seluruh proses pembangunan nasional, baik di pusat maupun daerah. Pemerintah, kata Bintang, tidak bisa berjalan sendiri, tetapi membutuhkan dukungan semua pihak untuk mewujudkan perlindungan terhadap perempuan.