logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanMewujudkan Kesetaraan Jender...

Mewujudkan Kesetaraan Jender dari Desa

Upaya mewujudkan kesetaraan jender, perlindungan perempuan dan anak, hingga kini masih menjadi pekerjaan rumah. Membangun Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak menjadi bagian dari hal tersebut.

Oleh
Sonya Hellen Sinombor
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/AY7lLIyW2yXwwkx_sr_tJ0d3TQM=/1024x528/https://kompas.id/wp-content/uploads/2020/11/son1_1605110863.jpeg
KOMPAS/SONYA HELLEN SINOMBOR

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati membacakan deklarasi Desa Ramah Perempuan dan Desa Peduli Anak, Rabu (11/11/2020).

Desa adalah garda terdepan dalam melindungi perempuan dan anak dari berbagai kekerasan, termasuk mendorong kesetaraan jender. Untuk mewujudkan hal tersebut, pada akhir 2020, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendeklarasikan Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Program kolaborasi dua kementerian ini, yang dideklarasikan langsung oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, menjadi bagian dari upaya mendorong Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), yang dimulai dari desa.

Editor:
Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan