logo Kompas.id
Bebas AksesRUNHUB Surabaya, Ajang Bibit...
Iklan

RUNHUB Surabaya, Ajang Bibit Pelari Baru dari Timur

Kementerian Perhubungan dan harian ”Kompas” menggelar lari kompetisi RUNHUB pada 8 Oktober 2023. Acara ini menjadi bagian dari peringatan Hari Perhubungan Nasional.

Oleh
SIWI YUNITA CAHYANINGRUM, AMBROSIUS HARTO MANUMOYOSO
· 3 menit baca
Wakil Direktur Bisnis <i>Kompas</i> Novi Eastiyanto, Redaktur Pelaksana<i> Kompas</i> Adi Prinantyo, Sekda Kota Surabaya Ikhsan, Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati, dan Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi (kiri ke kanan) saat peresmian RUNHUB 2023 di Balai Pemuda, Surabaya, Senin (18/9/2023).
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Wakil Direktur Bisnis Kompas Novi Eastiyanto, Redaktur Pelaksana Kompas Adi Prinantyo, Sekda Kota Surabaya Ikhsan, Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati, dan Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi (kiri ke kanan) saat peresmian RUNHUB 2023 di Balai Pemuda, Surabaya, Senin (18/9/2023).

SURABAYA, KOMPAS — Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan harian Kompas menggelar lomba lari RUNHUB di Surabaya, Jawa Timur, pada 8 Oktober 2023. Ajang ini digelar untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional sekaligus mencari bibit-bibit pelari baru dari timur.

RUNHUB merupakan lomba lari dengan pilihan kategori 10 kilometer dan 5 kilometer. Acara itu menjadi bagian dari peringatan Hari Perhubungan Nasional 2023 bertema ”Melaju untuk Transportasi Maju”. Total hadiah yang diperebutkan senilai Rp 178 juta. Sosialisasi RUNHUB dilakukan di Balai Pemuda, Alun-alun Surabaya, Senin (18/9/2023).

Hadir dalam acara peluncuran itu Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Antoni Arif Priadi, Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati, Sekretaris Daerah Kota Surabaya Ikhsan, Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo, dan Wakil Direktur Bisnis Harian Kompas Novi Eastiyanto. Hadir pula sejumlah pejabat di Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Jawa Timur dan Surabaya.

Antoni dalam acara konferensi pers RUNHUB mengatakan, acara lari dipilih sebagai bagian dari perayaan Hari Perhubungan Nasional karena selama ini lari dinilai sebagai olahraga yang simpel yang bisa diikuti berbagai kalangan mulai dari bawah hingga atas. Lari juga memiliki filosofi seperti yang dimiliki Kementerian Perhubungan yakni melaju kencang. Surabaya dipilih karena kota ini mewakili bagian timur indonesia.

Baca juga: The Tour Surabaya Dimeriahkan 10 Komunitas Lari

Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi memberikan penjelasan saat peresmian RUNHUB 2023 di Balai Pemuda, Surabaya, Senin (18/9/2023).
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi memberikan penjelasan saat peresmian RUNHUB 2023 di Balai Pemuda, Surabaya, Senin (18/9/2023).

Dalam ajang lari kompetisi ini, ada kategori khusus bagi pegawai Kementerian Perhubungan. Kategori ini dibuat untuk mewadahi para pegawai Kementerian Perhubungan yang memiliki hobi lari.

”Pegawai Kementerian Perhubungan banyak sekali dan ini menjadi tempat untuk menyalurkan hobi mereka. Namun, jika harus bersaing dengan pelari profesional, mereka pasti kalah. Karena itulah, kami beri wadah khusus agar kian semangat,” kata Adita.

Kementerian Perhubungan, kata Adita, juga menggandeng harian Kompas karena berpengalaman mengadakan event besar.

Iklan

Pemerintah Surabaya sangat mendukung RUNHUB ini. Lari kompetisi ini bisa membangkitkan ekonomi lokal Kota Surabaya, baik penginapan maupun UMKM karena pesertanya bisa berasal dari berbagai penjuru daerah. Pemerintah kota pun siap menyambut para pelari dengan berbagai kuliner khas Surabaya.

”Kami sangat mendukung jika program ini menjadi agenda tahunan Surabaya,” kata Ikhsan.

Baca juga: Dua Pelari The Tour Surabaya Tembus Borobudur Marathon

Model menggunakan jersei lari yang akan didapat peserta saat peresmian RUNHUB 2023 di Balai Pemuda, Surabaya, Jatim, Senin (18/9/2023).
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Model menggunakan jersei lari yang akan didapat peserta saat peresmian RUNHUB 2023 di Balai Pemuda, Surabaya, Jatim, Senin (18/9/2023).

Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo mengatakan, acara olahraga seperti RUNHUB memiliki dua dimensi yakni, dimensi rekreasional dan prestasi. Sebagai bagian dari rekreasi, ajang lari bisa membuat orang lebih rileks dan efeknya bisa lebih produktif dalam bekerja. Adapun di bidang prestasi, akan memunculkan bibit-bibit pelari baru dari wilayah Timur.

”Terakhir, Jatim tampil sebagai juara umum di PON Kaltim 2008. Setelah itu, tidak pernah lagi. Pada PON Riau 2012, DKI Jakarta juara umum. Dua PON berikutnya yakni PON Jabar 2016 dan Papua 2021, kontingen Jabar juara umum. Kami berharap dengan acara lari ini, bibit-bibit baru pelari akan muncul dan terpoles,” kata Adi.

Pemilihan Kota Surabaya juga didasari atas pertimbangan strategis lokasi. Surabaya sangat mudah dijangkau dari kota-kota lain di wilayah timur Indonesia. Ibu kota Jawa Timur itu juga mudah dijangkai dari Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, bahkan dari Kalimantan dan Sulawesi.

Kami berharap dengan acara lari ini, bibit-bibit baru pelari akan muncul dan terpoles.

Novi optimistis, target 2.000 peserta akan terpenuhi. Surabaya sebagai kota besar memiliki banyak komunitas lari yang sangat menyukai ajang seperti ini. Ia juga memastikan para pelari akan mendapatkan rute yang aman dan nyaman.

RUNHUB pada 8 Oktober 2023 akan dimulai pukul 06.00 di Balai Kota Surabaya. Sebagian melewati kawasan car free day dan beberapa ikon ternama kota Surabaya seperti Tunjungan, Monumen Bambu Runcing, dan Monuman Kapal Selam. Balai Kota Surabaya menjadi pemberhentian terakhir dari RUNHUB.

Pendaftaran lomba RUNHUB dimulai pada 18 September 2023 hingga 1 Oktober 2023. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut mengenai RUNHUB bisa diakses di https://runhub.id/.

Baca juga: Menyambut Bangkitnya Wisata Olahraga Lari

Editor:
CHRISTOPERUS WAHYU HARYO PRIYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000