logo Kompas.id
TajaJakarta Doodle Fest 2025...

Jakarta Doodle Fest 2025 “Welcome Home, Doodlers!” Sukses Digelar

Jakarta Doodle Fest (JDF) 2025 bertajuk “Welcome Home, Doodlers!” sukses digelar di Senayan City, Jakarta, Kamis-Minggu (9-12/10/2025).

JDF
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan JDF.
· 4 menit baca
Collaborator & Participating Artist of Jakarta Doodle Fest Sherchle.
DOK JDF

Collaborator and Participating Artist of Jakarta Doodle Fest Sherchle.

Ajang yang digagas oleh TFR News ini bukan sekadar perayaan seni visual, melainkan juga momentum bagi komunitas kreatif untuk “pulang” ke ruang yang akrab, penuh inspirasi, dan kolaborasi.

Tema “Welcome Home, Doodlers!” dipilih untuk menyoroti ekspresi seni visual yang melampaui kanvas,nmenyentuh sisi fungsional kehidupan lewat kreasi home goods seperti sarung bantal, lampu, table mat, hingga peralatan makan.

“Kami ingin menunjukkan bahwa karya ilustrator dan desainer dapat menghiasi rumah, menghadirkan karakter dan sentuhan visual yang unik,” ujar Co-founder JDF sekaligus CEO TFR News Christine Laif.

Di tahun ketiganya, JDF menghadirkan tiga area utama: Creator’s Market, F&B Market, dan LittleDoodle—area baru yang dirancang khusus untuk anak-anak. LittleDoodle menjadi wadah bermain dan belajar melalui berbagai aktivitas kreatif, mulai dari workshop melukis bersama Bartega hingga sesi mewarnai bersama Majalah Bobo, Sylvanian Families, dan Hompimpah.

Terobosan

Salah satu terobosan menarik tahun ini adalah kehadiran Paperoni, kurasi booth yang menampilkan karya seniman terpilih dan menjadi label baru dari TFR News. Paperoni tidak hanya mengedepankan estetika visual, tetapi juga mempresentasikan potensi produk seni sebagai bagian dari gaya hidup modern.

Tak ketinggalan, Bank Saqu turut hadir sebagai sponsor utama, membawa semangat yang sejalan dengan JDF dalam mendukung kreativitas generasi muda. “Kami ingin menjadi teman seperjuangan bagi para kreator, membantu mereka mewujudkan ide dan tujuan finansial melalui fitur-fitur inovatif,” jelas Head of Marketing & Branding Bank Saqu Willy Apriando.

JDF 2025
DOK JDF

Collaborator and Founder of Arbiaro Leo Pradana, Participating Artist of Jakarta Doodle Fest and Host of Sketchy Business Nadya Noor, Collaborator and Participating Artist of Jakarta Doodle Fest Sherchle, Head of Marketing and Branding Bank Saqu Willy Apriando, Co-founder of Jakarta Doodle Fest and TFR News Christine Laifa.

Selama festival berlangsung, Bank Saqu menghadirkan promo spesial, yakni tiket masuk JDF hanya Rp 5.000 bagi pengguna aplikasi Bank Saqu, serta promo cashback dan kopi gratis di coffee corner.

JDF juga tak lupa menggelar serangkaian pre-event yang memperkuat semangat kolaborasi lintas industri. Salah satunya adalah campus roadshow bertema #ForTheWind bersama Tolak Angin, yang mengajak mahasiswa dari tiga kota, Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Upaya tersebut sebagai salah satu sarana untuk mengekspresikan kemenangan kecil dalam hidup lewat desain. Kolaborasi eksklusif pun terwujud lewat proyek dengan Tahilalats dan Sherchle, dua figur penting dalam dunia ilustrasi Indonesia.

Selain itu, Creator’s Speed Dating kembali menjadi ajang networking kreatif bagi pelaku industri seni dan desain. Diselenggarakan pada 3 Oktober di Canton 108 by AKG, kegiatan ini membuka ruang untuk bertukar ide dan menjajaki kolaborasi baru di antara seniman, brand, dan profesional kreatif.

Lebih imersif

Festival yang berlangsung selama empat hari ini menghadirkan pengalaman yang lebih imersif bagi pengunjung. Selain berbelanja karya di Creator’s Market, pengunjung dapat menikmati berbagai instalasi seni, di antaranya mencoba pijat relaksasi di Sense by Jari-Jari, berfoto di photo booth, serta mampir ke Herbal Corner by Sido Muncul.

JDF 2025
DOK JDF

Collaborator and Founder of Arbiaro Leo Pradana.

Salah satu highlight adalah kolaborasi instalasi seni antara Arbiaro dan Paperina yang menggabungkan elemen ilustrasi dengan eksplorasi ruang.

Selepas JDF 2025, semangat seni dan kolaborasi masih akan berlanjut melalui pertunjukan “Musikal Absurd: Hidup Segan But I’m Not Done” pada November mendatang. Kolaborasi antara JDF, Jakarta Art House, Sherchle, dan Indonesia Kaya ini menjadi bentuk ekspansi baru JDF ke dunia seni pertunjukan, memperluas cakrawala ekspresi bagi komunitas kreatif.

Keberhasilan JDF 2025 tak lepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari sponsor utama seperti Bank Saqu, Tolak Angin, dan Paperina, hingga sederet brand partner seperti Artisan Kuliner Group, Toffin, Realfood, Social Affair, Cleo, dan Granova. Dukungan media partner dari IDN Times, Kompas, Tempo, Popbela, hingga Cosmopolitan Indonesia juga memperkuat eksposur acara ini di ranah publik.

Sejak pertama kali digelar pada 2023, Jakarta Doodle Fest telah menjadi wadah penting bagi seniman dan desainer untuk menampilkan karya, mengembangkan Intellectual Property (IP), serta membangun jejaring dengan industri kreatif yang lebih luas.

Melalui edisi ketiganya, JDF membuktikan bahwa seni visual bukan hanya soal estetika, melainkan juga medium untuk mempererat komunitas dan memperkaya kehidupan sehari-hari.

Dengan semangat “Welcome Home”, JDF 2025 menjadi rumah bagi semua, mulai dari kreator, penikmat seni, hingga keluarga muda yang ingin mengisi hari dengan warna dan inspirasi. Karena di sinilah, setiap coretan dan ide menemukan tempatnya untuk kembali pulang.

Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699