logo Kompas.id
TajaHSBC Indonesia Pimpin Pangsa...

HSBC Indonesia Pimpin Pangsa Pasar Wealth Management Tanah Air

Sudah 140 tahun, HSBC Indonesia hadir untuk mendukung nasabahnya di negeri ini. Seiring perjalanannya, HSBC Indonesia kini menjadi pemimpin pasar di bidang wealth management dengan beragam inovasinya.

HSBC Indonesia
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan HSBC Indonesia.
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/rn-NHAkKGxNETUJCDZ6FDOci4_Q=/1024x682/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F07%2FKV-HSBC-140th-740x493px-copy.png
DOK HSBC INDONESIA

HSBC Indonesia tahun ini merayakan 140 tahun perjalanan bisnisnya di Tanah Air.

HSBC terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin pangsa pasar untuk manajemen kekayaan (wealth management) di Asia. HSBC berhasil meraih gelar dari The Asset Triple A Private Capital Awards sebagai Best Wealth Manager in Indonesia pada akhir 2023 dan merupakan raihan HSBC yang ke-6 secara berturut-turut.

Tidak berhenti di situ, pada tahun ini, HSBC Indonesia kembali meraih penghargaan The International Retail Bank of The Year dari Asian Banking and Finance Retail Banking Award 2024. Penghargaan ini semakin menambah deretan pengakuan lainnya yang disematkan pada HSBC Indonesia.

Prestasi tersebut bisa dikatakan buah dari komitmen perusahaan dalam melayani seluruh nasabahnya di Indonesia. Hingga hari ini, pelayanan yang diberikan HSBC Indonesia berfokus pada penciptaan solusi-solusi inovatif untuk menjawab kebutuhan konsumen, terutama pada tiga pilar utama, yaitu pengelolaan kekayaaan, konektivitas internasional, dan layanan yang mendukung gaya hidup baik.

Customer-centric

Dalam melayani konsumen, HSBC Indonesia memahami bahwa setiap nasabah memiliki kebutuhan yang unik dan dinamis. Oleh sebab itu, layanan Wealth Management HSBC Indonesia dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Untuk selalu memahami kebutuhan nasabah, HSBC Indonesia secara reguler melakukan survei untuk mengukur interaksi dengan nasabah melalui Net Promoter Score (NPS). Melalui metode ini, HSBC Indonesia bisa memahami kepuasan pelanggan saat menggunakan produk dan berinteraksi dengan seluruh layanan yang dimiliki.

HSBC Indonesia juga mampu mengetahui sejauh mana nasabah bersedia merekomendasikan perusahaan kepada orang lain. Hal ini menjadi indikator penting untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan produk yang ditawarkan.

wealth center pondok indah
HSBC Indonesia

Grand opening HSBC Wealth Center Pondok Indah.

Dengan pemahaman tersebut, dalam dua tahun terakhir, HSBC Indonesia terus mengembangkan produk dan layanan premium bagi nasabahnya. Pengembangan teknologi digital melalui aplikasi mobile banking terus dilakukan, terutama untuk kemudahan proses registrasi dan penambahan fitur-fitur secara berkala, baik dari sisi wealth maupun kartu kredit. Harapannya, nasabah semakin mudah untuk mengelola portofolio investasi dan melakukan transaksi perbankan sehari-hari sebagai one stop solution.

Melalui aplikasi mobile banking, pelanggan dapat dengan mudah melakukan transaksi wealth management kapan saja dan di mana saja dengan aman, mulai dari pembuatan rekening investasi secara langsung di aplikasi melalui fitur Digital Investment Account Opening, pengaturan investasi reksa dana (mutual fund), hingga pembelian surat obligasi, baik di pasar primer maupun sekunder.

Tak hanya itu, nasabah juga dapat melihat ringkasan polis asuransi yang dimiliki melalui aplikasi ini dengan mudah. Fitur-fitur dalam aplikasi tersebut dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan (seamless) bagi nasabah dalam mengelola aset finansial mereka.

Selain itu, HSBC Indonesia telah meluncurkan dua Wealth Center baru di area strategis di Jakarta, yakni di Puri Indah dan Pondok Indah. Di sini, nasabah bisa berkonsultasi dengan relationship manager HSBC mengenai berbagai produk dan layanan. Kedua Wealth Center ini menjadi cara HSBC Indonesia untuk menghadirkan touch point layanan wealth omni-channel, baik melalui platform digital maupun kantor cabang.

Menariknya, Wealth Center ini juga menyediakan fasilitas di luar perbankan yang bisa menjadi tempat mengekspresikan gaya hidup bersama komunitas. Ini merupakan wujud dari value added yang akan diberikan untuk nasabah.

“Wealth Center Pondok Indah akan berperan menjadi platform komunitas bagi nasabah HSBC di Jakarta Selatan, melalui berbagai aktivitas rutin seputar gaya hidup dan menjadi ciri khas HSBC dalam berinteraksi dengan para nasabah Premier,” kata Direktur Wealth and Personal Banking HSBC Indonesia Lanny Hendra.

Dengan fokus pada kepuasan nasabah dan inovasi digital, HSBC terus berkomitmen untuk memberikan layanan wealth management terpadu.

“Kami percaya bahwa dengan pendekatan yang berpusat pada nasabah, kami dapat terus memimpin pasar dan memberikan nilai tambah bagi setiap nasabah,” ujarnya.

Layanan HSBC Premier

Salah satu layanan unggulan HSBC Indonesia adalah HSBC Premier. Layanan ini hadir dengan berbagai keistimewaan dan manfaat eksklusif yang memungkinkan nasabah mencapai tujuan keuangan dengan nyaman.

HSBC Premier menyediakan layanan Financial Health Check yang komprehensif. Nasabah akan mendapat analisis situasi keuangannya saat ini sehingga bisa mengembangkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan masa depan. Nasabah juga mendapatkan akses Wealth Dashboard, platform daring untuk memantau portofolio investasi nasabah dan melacak kemajuannya secara real-time.

Keistimewaan HSBC Premier tidak hanya terbatas pada individu nasabah. Sebab, nasabah bisa membagikan manfaat eksklusif ini kepada pasangan dan anak, berdasarkan kualifikasi nasabah sebagai nasabah HSBC Premier.

Keluarga nasabah memiliki akses ke Premier Relationship Manager yang sama, yang akan memberikan mereka layanan dan dukungan serupa seperti yang didapatkan nasabah secara individu.

Di samping itu, nasabah bisa memanfaatkan keunggulan HSBC Premier Next Gen. Ini adalah program khusus untuk anak berusia 17-30 tahun yang menopang mereka selama masa studi dan saat memulai menapaki karier. Anak dari nasabah pun dapat mulai mengelola keuangan secara mandiri sejak dini dengan Premier Junior Account, yang dirancang hingga anak berusia 17 tahun.

HSBC Premier turut memberikan dukungan optimal untuk anak nasabah yang sedang atau akan menempuh pendidikan di luar negeri. HSBC Indonesia menawarkan langkah mudah untuk membuka rekening HSBC di negara tujuan dan memberikan akses ke dana darurat hingga 10 ribu dollar AS setiap 2 hari kerja. Nasabah juga bisa menikmati layanan Global Transfer untuk mengirim dana secara real-time dan bebas biaya hingga 100 ribu dollar AS ke lebih dari 25 negara.

Adapun di sisi gaya hidup, HSBC Premier menawarkan berbagai layanan dan penawaran eksklusif untuk shopping hingga traveling di mana pun. Nasabah juga menerima banyak keuntungan Kartu Kredit HSBC Premier Mastercard, termasuk bonus rewards untuk pembelanjaan di luar negeri, akses gratis ke Priority Pass, serta manfaat Global Health & Travel.

Nilai tambah untuk nasabah affluent melalui kemitraan dengan Plaza Indonesia

Menandai 140 tahun kontribusi bagi Nusantara, pada Juni 2024, HSBC Indonesia berkolaborasi dengan Plaza Indonesia menyediakan layanan khusus bagi nasabah kelas atas. Salah satu bentuk layanan khusus ini adalah HSBC Lounge yang mencakup valet service dan exclusive parking privilege untuk nasabah HSBC Premier. Selain itu, nasabah mendapatkan promosi belanja dan kuliner.

"Kolaborasi strategis ini merupakan paduan yang sempurna karena kami terbukti ahli dan berkomitmen untuk memberikan pengalaman spesial kepada nasabah untuk memperkuat pilar ketiga (gaya hidup). Inovasi layanan ini karena kami memahami kebutuhan gaya hidup mewah yang berkembang dari second generation,"  ujar Lanny Hendra dalam acara Plaza Indonesia & HSBC Indonesia Announce Strategic Partnership, di Jakarta.

HSBC Lounge Plaza Indonesia
HSBC Indonesia

HSBC Lounge Plaza Indonesia

Lanny menjelaskan, nasabah akan mendapatkan pelayanan khusus seperti valet service dan exclusive parking privilege, melengkapi promo belanja dan dining yang sudah ada. Upaya ini merupakan hasil dari pengamatan customer journey secara end-to-end, yang ditransformasikan menjadi pengalaman seamless dalam layanan satu pintu.

Senada, Deputy Chief Marketing Office Plaza Indonesia Zamri Mamat mengungkapkan, kerja sama strategis ini juga tentu menjadi nilai tambah bagi Plaza Indonesia dalam memperkaya pengalaman berbelanja bagi konsumen.

“Khususnya untuk mendapatkan edukasi mengenai pengelolaan keuangan,” ungkap Zamri menyambut positif kolaborasi ini.

Kemitraan dengan Qantas dan ANA

HSBC Indonesia juga terus memperkuat kemitraan strategis dengan All Nippon Airways (ANA), salah satu maskapai penerbangan terbesar di Jepang; dan Qantas, maskapai penerbangan terkemuka dari Australia, dalam peluncuran travel fair. Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan manfaat tambahan bagi nasabah HSBC  yang kerap melakukan perjalanan internasional bersama keluarga.

”ANA dan Qantas menjadi bagian dari jawaban atas kebutuhan nasabah yang memilih Jepang dan Australia sebagai tujuan untuk bepergian. Berdasarkan riset HSBC Indonesia, para nasabah Premier tersebut menjadikan Jepang dan Australia sebagai salah satu negara tujuan liburan maupun menyekolahkan anaknya,” terang Lanny.

Melalui kerja sama ini, nasabah HSBC dapat menikmati berbagai keuntungan, di antaranya early access dan special cashback untuk nasabah premier, akses lounge eksklusif di bandara, penawaran khusus tiket penerbangan, dan layanan prioritas lainnya. Travel fair bersama ANA akan diselenggarakan pada 8-11 Agustus di Central Park Jakarta, dan untuk pertama kalinya HSBC akan mengadakan Qantas Travel Week di Plaza Indonesia pada 16-18 Agustus 2024.

Dengan berbagai inisiatif dan kolaborasi strategis ini, HSBC Indonesia terus berupaya untuk memberikan layanan dan solusi inovatif kepada nasabahnya. Sebagai pemimpin dalam manajemen kekayaan, HSBC Indonesia berkomitmen untuk membantu nasabah mencapai tujuan keuangan mereka dan memberikan nilai tambah yang signifikan melalui berbagai layanan dan produk yang ditawarkan.

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000